Kabar Jokowi

"Ekonomi 2015 Sangat Bergantung Pada Jokowi-JK" - KOMPAS.com


TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) memberikan keterangan pada wartawan terkait postur kabinetnya mendatang, di Rumah Transisi Jokowi-JK, Jakarta, Senin (15/9/2014). Rencananya, kabinet Jokowi-JK akan diperkuat 34 kementerian yang terdiri dari 18 orang profesional non-partai politik dan 16 orang dari partai politik.


JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Gadjah Mada Bambang Sudibyo melihat tantangan terbesar Joko Widodo dan Jusuf Kalla, bukan datang dari parlemen, ataupun kondisi eksternal. Tantangan terbesar Jokowi-JK adalah besarnya ekspektasi masyarakat akan adanya perbaikan. 'Ekspektasi masyarakat terhadap Jokowi-JK lebih tinggi lagi daripada yang dihadapi SBY. Padahal ruang fiskal yang dimiliki pemerintah sempit. Moneternya juga sempit,' kata dia dalam Indonesia Knowledge Forum III 2014, di Jakarta, Jumat (10/10/2014). Secara umum, Bambang melihat problema dan tantangan yang dihadapi Jokowi-JK adalah tingginya ekspektasi masyarakat. Dulu, ketika SBY terpilih kembali dalam Pilpres 2009, masyarakat juga memiliki harapan tinggi. Namun, dia menyebut kali ini, Jokowi-JK akan menghadapi ekspektasi dari masyarakat yang lebih tinggi lagi. Di sisi lain, tak hanya bakal terkendala ruang fiskal yang sempit, Jokowi juga menghadapi ruang politik yang sempit dalam mewujudkan harapan masyarakat. 'Kenapa ruang politik Jokowi sempit? Karena di belakangnya ada otoritas yang namanya Megawati. Di depannya, ada oposisi,' ucap mantan Menteri Keuangan itu. Dengan melihat itu semua, Bambang menaksir pertumbuhan ekonomi bisa melampaui target 5,8 persen, bahkan di atas 6 persen jika Jokowi bisa membuat kebijakan yang bagus. Syaratnya, tantangan yang dia sebut tadi harus bisa Jokowi hadapi. 'Secara umum forecast ekonomi 2015, akan sangat bergantung pada apa yang dilakukan Jokowi-JK,' kata dia.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori "Ekonomi 2015 Sangat Bergantung Pada Jokowi-JK" - KOMPAS.com dengan judul "Ekonomi 2015 Sangat Bergantung Pada Jokowi-JK" - KOMPAS.com. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/2015-sangat-bergantung-pada-jokowi-jk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Friday, October 10, 2014

Belum ada komentar untuk ""Ekonomi 2015 Sangat Bergantung Pada Jokowi-JK" - KOMPAS.com"

Post a Comment