Kabar Jokowi

Menakar Kandidat Menteri Kabinet Jokowi-JK Versi AMPI - Tribunnews


Warta Kota/henry lopulalan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aliansi Masyarakat Profesional Indonesia (AMPI) yang mengusulkan kandidat menteri kabinet Jokowi-JK melalui situs http://ift.tt/Z4hCOU, bakal menggelar diskusi Menakar Kandidat Menteri Jokowi-JK di Hotel Ambhara, Jakarta hari ini, Sabtu (11/10/2014).


Ketua Ampi Aji Martono menuturkan, kriteria umum yang menjadi parameter yaitu, memiliki rekam jejak dan integritas yang baik dan bebas korupsi, tidak terlibat pelanggaran HAM atau perusakan lingkungan hidup, punya visi dan pengetahuan luas, semangat juang dan kemampuan leadership yang tinggi, berdisiplin tinggi dan tegas pendirian serta terbuka terhadap masukan-masukan.


'Sementara kriteria khusus yaitu profesional, berpengalaman dan teruji dalam bidangnya dan untuk kementerian teknis memiliki pengalaman internasional minimum tingkat regional,' kata Aji dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (10/10/2014).


Pengamat politik dari FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ahmad Fuad Fanani menilai, walaupun aspek profesionalisme mendominasi sebagian besar kandidat, unsur-unsur lain seperti peta kekuatan partai politik, ormas keagamaan dan relawan cukup tercermin dari latar belakang para kandidat yang diajukan.


'Seperti Pramono Anung Wibowo dari PDI-P diproyeksikan menjadi Mensesneg, Puan Maharani dari PDI-P DPR RI dan Ferry Mursyidan dari DPP Partai Nasdem menjadi Menko Kesra, lalu Eko Putro Sandjojo dari PKB menjadi Menteri Perencanan Pembangunan Nasional,' kata Fuad.


'Sementara dari Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawangsa diproyeksikan menjadi Menteri Sosial dan Lukman Hakim Saifuddin tetap menjadi Menteri Agama. Dari Muhammadiyah, Din Syamsuddin diproyeksikan menjadi Menko Kesra dan Alpha Amirrachman menjadi Mendikdasmenbud,' tambahnya.


Fuad yang juga Direktur Riset Maarif Institute menjelaskan, untuk dari unsur relawan dan profesional, ada Hasnil Fajri, Koordinator Entrepreneur and Professional (EP) for Jokowi yang diproyeksikan menjadi Menteri Ekonomi Kreatif atau Menteri Pemuda dan Olahraga dan Alpha Amirrachman yang kebetulan juga berasal dari organ relawan yang sama, yang keduanya terlibat dalam pokja Tim Transisi. Juga ada Chandra Andi Salam dari Redinusa (Relawan Demi Indonesia Nusantara) yang diproyeksikan menjadi Menteri Pariwisata atau Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal.


Rencananya, Andar Nubowo, Direktur Eksekutif IndoStrategi, juga akan hadir sebagai pembedah para kandidat menteri itu.


Sejak diluncurkan seminggu lalu, situs poling http://ift.tt/Z4hCOU telah mencapai 10.000 pengunjung dan diharapkan akan terus bertambah.


Berikut nama-nama kandidat meneteri di Kabinet Jokowi-JK versi Aliansi Masyarakat Profesional Indonesia (AMPI).


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Menakar Kandidat Menteri Kabinet Jokowi-JK Versi AMPI - Tribunnews dengan judul Menakar Kandidat Menteri Kabinet Jokowi-JK Versi AMPI - Tribunnews. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/menakar-kandidat-menteri-kabinet-jokowi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, October 11, 2014

Belum ada komentar untuk "Menakar Kandidat Menteri Kabinet Jokowi-JK Versi AMPI - Tribunnews"

Post a Comment