Kabar Jokowi

Pemulung Ikut Antar Jokowi ke Istana - Tribunnews


The Jakarta Post/Dhoni Setiawan




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kereta Kencana hingga pemulung akan ikut meramaikan syukuran rakyat setelah Joko Widodo-Jusuf Kalla dilantik MPR RI menjadi Presiden-Wakil Presiden, hari Senin (20/10) nanti.


Kereta kencana ini akan ditumpangi Jokowi dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Monumen Nasional (Monas) yang sekaligus lokasi Syukuran Rakyat Salam 3 Jari.


Sementara itu, puluhan pemulung akan berada di barisan paling belakang Kirab Budaya Rakyat yang mengarak Jokowi-JK sekaligus memunguti sampah di sepanjang jalan.


Demikian disampaikan Ketua Panitia Nasional Syukuran Rakyat Salam Tiga Jari, Abdee Negara atau Abdee Slank dalam jumpa bersama relawan di Jakarta, Rabu (15/10). Para relawan yang hadir antara lain Jay Wijayanto, Olga Lydia, Wanda Hamidah, Bimbim serta Jaya Suprana dan politisi PDIP Aria Bima.


Abdee menjelaskan, pelantikan Jokowi-JK di gedung MPR RI pada hari Senin, berakhir pukul 12.20 WIB. Begitu selesai pelantikan, Jokowi akan menumpang mobil Kepresidenan menuju Bundaran HI. Selanjutnya, Jokowi-JK akan mengikuti Kirab Budaya.


Khusus untuk Jokowi-JK, keduanya disiapkan dua kereta kencana yang akan ditarik oleh kuda. Pak Jokowi-JK direncanakan akan menaiki kereta kuda,'ujar Abdee.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman menjelaskan, kereta kencana yang akan ditumpangi Jokowi-JK adalah milik Pemprov DKI. Kereta itu kini disimpan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).


Kirab Budaya Rakyat sekaligus mengarak Jokowi-JK dilakukan di sepanjang Jl MH Thamrin-Monas yang berjarak sekitar 2 kilometer. Pada kirab budaya tersebut, terdapat drum band, barongsai, Reog Ponorogo, beberapa kesenian daerah, karnaval batik, sepeda onthel.


Di barisan paling belakang ada puluhan pemulung. 'Mereka (pemulung) ini akan ikut barisan Kirab Budaya. Mereka akan membantu membersihkan sampah-sampah,'ujar Jay Wijayanto, selaku Koordinator Kirab Budaya Rakyat.


Menurut Jay, keterlibatan pemulung berdasarkan inisiatif mereka sendiri. Adanya keterlibatan pemulung ini diharapkan bisa mengatasi persoalan sampah yang berserakan saat Kirab Budaya Rakyat berlangsung.


Selain itu, kirab budaya rakyat, panitia juga akan menyediakan makanan gratis bagi relawan dan masyarakat yang hadir. Makanan dari pedagang kaki lima ini akan digelar di sepanjan trotoar Jl MH Thamrin hingga Monas.


Makanan yang disediakan yakni bakso, siomay, ketoprak dan makanan lainnya dengan tema 'Makan Gratis Sampai Habis'.


Abdee mengatakan, syukuran ini akan dihadiri ratusan ribu relawan dan rakyat. Seluruh elemen dan rakyat ini diharapkan bisa berbaur dalam rangkaian acara karnaval, makan gratis hingga konser rakyat di Tugu Monas yang dimeriahkan Slank, Iwan Fals dan puluhan artis-musisi lainnya.


Untuk mengatasi gangguan kemacetan pada saat khirab budaya, pantia telah berkoordinasi dengan Polri. Pemprov DKI Jakarta pun telah memberikan izin untuk penggunaan Bundaran HI-Monas yang dijadikan pusat syukuran Jokowi-JK.


Kapolri Jendral Sutarman tidak mempermasalahkan acara mengarak presiden baru Jokowi-JK dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju istana negara. 'Dari HI saja, sudah disepakati tadi, disepakati bersama ada beberapa acara dari DPR-MPR naik kendaraan sampai ke HI, baru sampai HI diarak,' ungkap Sutarman.


Dijelaskan Sutarman, dalam mengarak Jokowi tersebut berdasarkan informasi yang dimiliki kepolisian akan menggunakan kereta kencana yang ditarik kuda. 'Itu tradisinya naik kuda,' ujarnya.


Dikatakan dia, untuk prosesi tersebut kepolisian sudah menyiapkan sistem pengamanannya. Kekuatan kepolisian akan dikerahkan untuk mengamankan acara mengarak presiden baru tersebut. Jumlah polisi yang akan mengamankan saat pelantikan Jokowi-JK mencapai 24.000 pasukan dari gabungan Polri-TNI.


Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga berencana mengantarkan Jokowi ke istana presiden,di Jalan Medan Merdeka Utara.


Ahok berencana mengantarkan Jokowi dari rumah dinas Gubernur DKI di Kawasan Menteng menuju Istana Negara. (tribunnews/ran/tof/nic)


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemulung Ikut Antar Jokowi ke Istana - Tribunnews dengan judul Pemulung Ikut Antar Jokowi ke Istana - Tribunnews. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/pemulung-ikut-antar-jokowi-ke-istana.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Wednesday, October 15, 2014

Belum ada komentar untuk "Pemulung Ikut Antar Jokowi ke Istana - Tribunnews"

Post a Comment