Kabar Jokowi

Tiga agenda Presiden Jokowi di KTT APEC - BBCIndonesia.com


Presiden Joko Widodo tiba di Beijing, Cina, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang akan dibuka Senin (10/11).


Di bandara Beijing, Jokowi, panggilan populernya, disambut para pejabat dari Kementerian Luar Negeri Cina serta KBRI. Ini merupakan acara internasional pertama yang dihadiri Jokowi sejak dilantik. Cina merupakan pula kunjungan luar negerinya yang pertama sebagai presiden.


Di KTT yang dihadiri para pemimpin dunia itu, Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato yang secara khusus memaparkan prospek pembangunan ekonomi Indonesia yang yang direncanakannya.


Presiden Jokowi juga dijadwalkan bertemu secara khusus dengan sejumlah pemimpin dunia, termasuk Presiden AS Barack Obama.


Dalam kesempatan terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene mengatakan, selain bertemu dengan sejumlah pemimpin negara, presiden juga dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pelaku bisnis.


Tiga agenda

Michael Tene menjelaskan bahwa ada tiga agenda yang dibawa Jokowi dalam KTT APEC. Pertama, terkait terbentuknya suatu masterplan konektivitas, atau keterhubungan, antara negara-negara APEC.



Keterhubungan itu, dijelaskannya, sejalan dengan prioritas Indonesia yang dicanangkan oleh presiden, da kuncinya terutama terletak pada mengembangkan infrastruktur.


'Kedua, presiden akan membawa isu maritim. Jadi dalam kerjasama APEC, Indonesia mendorong agar maritim menjadi salah satu isu utama dalam pembahasan berbagai kerja sama di berbagai bidang,' jelasnya


'Ketiga, tentang pengembangan produk, terutama yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak, khususnya produk-produk yang menjadi kepentingan Indonesia.'


Setelah menghadiri KTT APEC, Jokowi juga dijadwalkan akan menghadiri ASEAN Summit di Myanmar dan KTT G20 di Australia.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tiga agenda Presiden Jokowi di KTT APEC - BBCIndonesia.com dengan judul Tiga agenda Presiden Jokowi di KTT APEC - BBCIndonesia.com. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/tiga-agenda-presiden-jokowi-di-ktt-apec.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, November 8, 2014

Belum ada komentar untuk "Tiga agenda Presiden Jokowi di KTT APEC - BBCIndonesia.com"

Post a Comment