Kabar Jokowi

Partai Demokrat Walk Out Saat Voting UU Pilkada, Ini Tanggapan ... - Detikcom


Jakarta - 123 Anggota Fraksi Partai Demokrat walk out saat voting paripurna pembahasan RUU Pilkada. Keputusan ini mengecewakan banyak pihak, termasuk ketua umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bagaimana respons Joko Widodo?


'Saya kira itu keputusan Demokrat,' kata Jokowi di sela-sela acara pembekalan caleg PKPI di Hotel Royal Kuningan, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (26/9/2014).


Meski begitu, Jokowi menilai keputusan ini masih awal. Ada beberapa proses lanjutan yang akan berjalan, seperti gugatan di MK dan lain-lain. Dia juga yakin, masalah ini tidak akan menghambat pemerintahannya.


'Ndak hambat,' tegasnya.


Melalui drama politik panjang, Paripurna DPR akhirnya mengesahkan RUU Pilkada dengan opsi kedua yakni pemilihan lewat DPRD. Ada 135 anggota yang mendukung Pilkada langsung. Sedangkan 226 anggota fraksi lainnya yang juga di barisan Koalisi Merah Putih mendukung opsi Pilkda lewat DPRD.


Memang dalam voting ada 6 anggota Demokrat di antaranya Gede Pasek Suardika, Ignatius Mulyono, Hayono Isman, Edi Sadil yang mengikutinya. Keenamnya kompak mendukung opsi Pilkada langsung.


Reaksi Jokowi semakin menambah daftar panjang pihak-pihak yang kecewa dengan putusan DPR tersebut. Sebelumnya, Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama dan wali Kota Bandung Ridwan Kamil sudah bersuara keras soal ini.


Mereka kompak menolak Pilkada lewat DPRD. Bahkan Ridwan berencana turun langsung menggugat masalah ini ke Mahkamah Konstitusi (MK).


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di 'Reportase Malam' pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(jor/mad)



Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu


Lapsus



Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ini Tanggapan ... - Detikcom / Partai Demokrat Walk Out Saat Voting UU Pilkada dengan judul Partai Demokrat Walk Out Saat Voting UU Pilkada, Ini Tanggapan ... - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://kabarjokowi.blogspot.com/2014/09/partai-demokrat-walk-out-saat-voting-uu.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Friday, September 26, 2014

Belum ada komentar untuk "Partai Demokrat Walk Out Saat Voting UU Pilkada, Ini Tanggapan ... - Detikcom"

Post a Comment