Kabar Jokowi

Survei LSI: Ini Kelebihan Prabowo


VIVAnews - Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa diuntungkan oleh keunggulan di mesin politik dibandingkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.


Hal itu terungkap dalam survei nasional Lingkaran Survei Indonesia Network bertajuk 'Berebut Dukungan di 5 Kantong Besar Suara: Jokowi-JK vs Prabowo- Hatta' Jumat, 30 Mei 2014.'Mesin partai koalisi Gerindra di belakang Prabowo-Hatta 48,93 persen, sedangkan kekuatan mesin politik koalisi PDIP dibelakang Jokowi-JK hanya 38,97 persen. Jadi Prabowo-Hatta lebih unggul,' kata Ade Mulyana, peneliti LSI Network di kantornya.Ade menjelaskan, Prabowo-Hatta juga memiliki dana pelumas penunjang mesin politik yang lebih besar dibanding Jokowi-JK. Pasangan Prabowo-Hatta didukung oleh koalisi partai yang ketika kampanye pemilu legislatif 2014 total dananya lebih dari Rp900 miliar. Sementara Jokowi-JK hanya didukung koalisi partai yang total dananya di atas Rp700 miliar.'Namun, belum diketahui berapa dana yang akan dihabiskan pada pemilu presiden nanti. Jika berkaca dari pemilihan umum legislatif April lalu, kemampuan dana koalisi partai di belakang Prabowo-Hatta lebih besar,' ungkapnya.


Keunggulan JokowiSementara Jokowi-JK diuntungkan oleh dukungan pemilih yang lebih besar. Hasil survei LSI pada Mei 2014, Jokowi-JK didukung oleh 35,42 persen. Sedangkan Prabowo-Hatta didukung oleh 22,75 persen. Sebanyak 41,80 persen tidak menjawab atau masih belum menentukan pilihan. 'Jumlah swing voters (massa mengambang) masih cukup besar, sehingga situasinya bisa terbalik,' ungkapnya.Kemudian, Prabowo-Hatta juga didukung oleh pemilik lima media elektronik berupa televisi swasta. Lima stasiun TV yang menjadi barisan tim suksesnya itu adalah RCTI, MNC, Global TV, tvOne dan antv.'Sedangkan Jokowi-JK hanya didukung oleh Metro TV. Karena pemiliknya Surya Paloh bergabung,' katanya.Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan 1-9 Mei 2014. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan jumlah 2.400 responden dan wawancara tatap muka menggunakan kuisioner. Adapun margin error kurang lebih 2 persen. (umi)


Anda harus login untuk mengirimkan komentar



Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Survei LSI: Ini Kelebihan Prabowo dengan judul Survei LSI: Ini Kelebihan Prabowo. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/05/survei-lsi-ini-kelebihan-prabowo.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Friday, May 30, 2014

Belum ada komentar untuk "Survei LSI: Ini Kelebihan Prabowo"

Post a Comment