Kabar Jokowi

Jokowi Sempatkan Beri Ucapan Langsung ke Ketua Baru MPR


JAKARTA, KABARJOKOWI.BLOGSPOT.COM.com - Di sela-sela kegiatannya, Gubernur DKI Joko Widodo menyempatkan diri untuk memberikan selamat secara langsung kepada Ketua MPR yang baru dilantik, Sidarto Danusubroto. Menurut Jokowi, Sidarto memang pantas menggantikan Taufiq Kiemas karena sudah senior dan kedekatannya dengan Bung Karno.


Jokowi tiba di Gedung MPR seusai pelantikan Sidarto, Senin (8/7/2013). Jokowi yang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam serta dasi langsung datang kepada Sidarto dan memberikan selamat dan sedikit berbincang.


Usai memberi selamat, orang nomor satu di DKI Jakarta tersebut bertolak untuk makan di ruang makan khusus para tamu. Di sana, Jokowi pun tak luput dari sasaran tamu acara untuk berfoto bersama serta berbincang-bincang sejenak.


Kepada wartawan, Jokowi memberikan selamat atas pelantikan Ketua MPR yang baru. Menurutnya, pemilihan Sidarto untuk menjadi Ketua MPR telah tepat karena pengalaman Sidarto di dunia politik yang telah matang.


'Beliau ini memang senior di partai. Beliau juga mendampingi Bung Karno, sangat layak jika beliau menjadi pimpinan di MPR,' ujar Jokowi.


Sidarto menjadi Ketua MPR sekitar 15 bulan ke depan, menggantikan Taufiq yang wafat pada 8 Juni 2013 lalu. Penunjukan Sidarto ditentukan oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.


Kewenangan itu dimiliki Megawati karena sesuai Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), Ketua MPR harus berasal dari fraksi Ketua MPR sebelumnya setelah berhalangan tetap di saat masa tugas masih tersisa. Kewenangan Megawati juga diperkuat dengan tata tertib tentang permintaan pengisian jabatan lowong ketua MPR serta hasil rapat pleno DPP PDI Perjuangan yang memutuskan untuk menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Ketua Umum PDI Perjuangan.


Salah satu pertimbangan Megawati menunjuk Sidarto sebagai penerus Taufiq di MPR adalah karena di lingkungan PDI Perjuangan, khususnya fraksi, Sidarto merupakan anggota fraksi yang paling senior dan telah menjadi anggota DPR selama tiga periode. Selain itu, di internal partai, Sidarto menjabat posisi prestisius, yakni sebagai Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan yang memiliki kewajiban dan kewenangan menjaga nama baik partai.


Alasan selanjutnya adalah karena Sidarto pernah menjadi ajudan Presiden Soekarno sehingga diyakini dan diharapkan memiliki kemampuan untuk menyerap pemikiran-pemikiran Soekarno, khususnya mengenai empat pilar kebangsaan. Dalam karier profesional, Sidarto pernah menjadi Kadispen Polri (1975-1976), Kepala Interpol (1976-1982), dan Kapolda Jawa Barat (1988-1991). Dari parlemen, segenap pimpinan memberikan respons positif untuk Sidarto. Dukungan itu dilandasi usia dan jam terbang Sidarto yang dianggap matang.


Editor : Ana Shofiana Syatiri


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul Jokowi Sempatkan Beri Ucapan Langsung ke Ketua Baru MPR. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/07/jokowi-sempatkan-beri-ucapan-langsung_8.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Monday, July 8, 2013

Belum ada komentar untuk "Jokowi Sempatkan Beri Ucapan Langsung ke Ketua Baru MPR"

Post a Comment