Kabar Jokowi

Jokowi Tak Masuk Bursa Survei Capres LSN

Details Created on Tuesday, 16 July 2013 19:31 Published Date

Jakarta, GATRAnews - Nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), yang saat ini digadang-gadangkan sebagai calon presiden 2014, ternyata tidak masuk dalam bursa survei Lembaga Survei Nasional (LSN). "Jokowi tidak masuk dalam survei capres, karena LSN hanya menggunakan kategori capres struktural," kata Peneliti LSN, Dipa Pradipta, saat merilis hasil survei LSN, di Hotel Grand Menteng, Jakarta, Selasa (16/7).


Menurutnya, kategori capres struktural yakni, capres dari struktur tertinggi partai politik, sehingga Jokowi tidak masuk dalam survei capres struktural ini, karena dia hingga saat ini tidak berada dalam struktrul elit PDIP.Berdasarkan surveinya, LSN menobatkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai pemenang presiden jika pemilihan presiden (pilpres) dilakukan hari ini, mengalahkan calon dari petinggi partai politik lainnya."Prabowo merupakan capres struktural dengan elektabilitas tertinggi, yaitu 22,7 persen," kata Peneliti Utama LSN, Gema Nusantara.Gema menjelaskan, capres struktural, yakni capres yang berasal dari struktural tertinggi partai. Adapun di posisi kedua, diraih Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie dengan perolehan 16,3 persen.Secara berurutan di posisi ketiga dan selanjutnya, yakni Ketua Umum Hanura, Wiranto (13,2 persen); Ketua Umum PDIP, Mewgawati Soekarnoputri (13 persen); Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa (5,2 persen); Ketua Dewan Syuro PBB, Yusril Ihza Mahendra (5,1 persen).Kemudian, Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh (4,6 persen); Ketua Umum PKPI, Sutiyoso (1,9 persen), Presiden PKS, Anis Matta (1,7 persen); Wakil Dewan Pembina Demokrat, Marzuki Alie (1,7 persen); Ketua Umum DPP PPP, Suryadarma Ali (1,5 persen), Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (1,2 persen), dan 11,9 persen tidak memilih.Gema menerangkan, survei ini dilakukan mulai 1 sampai 10 Mei 2013 di 33 provinsi di Indonesia dengan populasi seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun.Jumlah sampel sebesar 1.230 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multistage random sampling dengan margin of erro sekitar 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan bantuan atau pedoman kuesioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan."Hasil survei ini dilengkapi dengan riset kualitatif berupa media analisis dari sejumlah surat kabar nasional dan daerah," pungkasnya. (IS)


Add comment


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul Jokowi Tak Masuk Bursa Survei Capres LSN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/07/jokowi-tak-masuk-bursa-survei-capres-lsn.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Tuesday, July 16, 2013

Belum ada komentar untuk "Jokowi Tak Masuk Bursa Survei Capres LSN"

Post a Comment