Kabar Jokowi

Survei PDB: Jokowi Populer di Kalangan Pemilih Perempuan


JAKARTA, KABARJOKOWI.BLOGSPOT.COM.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi rupanya banyak diidolakan oleh kalangan pemilih perempuan. Bahkan, jika Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2014 mendatang, setidaknya 16,1 persen kaum hawa yang memiliki hak memilih akan menjatuhkan pilihannya kepada Jokowi.


"Jokowi populer di antara wanita," kata peneliti Pusat Data Bersatu (PDB), Agus Herta, saat menyampaikan hasil survei PDB di Hotel Grand Sahid Jakarta, Rabu (17/7/2013).


Sementara itu, posisi selanjutnya ditempati oleh Prabowo Subianto (7,8 persen), Megawati Soekarno Putri (7,3 persen), Aburizal Bakrie (4,8 persen), Jusuf Kalla (2,9 persen), dan Wiranto (1,3 persen).


Tidak hanya dikagumi oleh kaum hawa saja, berdasarkan hasil penelitian PDB, Jokowi juga digemari oleh para pemilih pemula dan pemilih muda yang berusia antara 17-29 tahun dengan persentase 8,1 persen. Posisi selanjutnya diikuti Prabowo Subianto (3,9 persen), Megawati Soekarno Putri (2,1 persen), Aburizal Bakrie (3,8 persen) Jusuf Kalla (1,3 persen) dan Wiranto (0,6 persen).


"Jokowi memang populer di kalangan pemilih pemula. Tetapi Prabowo lebih digemari di kalangan pemilih menengah yang cenderung memilih capres berdasarkan ideologi, karena Prabowo menawarkan ideologi," katanya.


Survei yang berlangsung pada 11-18 Juni 2013 ini dilakukan dengan cara wawancara tatap muka ( face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur ( structured interview) terhadap 1.200 responden di 30 provinsi di Indonesia. Usia minimum responden 17 tahun atau sudah menikah, dengan cara penarikan sampel secara acak bertingkat mencakup semua kecamatan, 10 responden per kelurahan atau desa. Survei ini memiliki margin of error 2,8 persen.


Editor : Caroline Damanik


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul Survei PDB: Jokowi Populer di Kalangan Pemilih Perempuan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/07/survei-pdb-jokowi-populer-di-kalangan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Wednesday, July 17, 2013

Belum ada komentar untuk "Survei PDB: Jokowi Populer di Kalangan Pemilih Perempuan"

Post a Comment