Kabar Jokowi

Jokowi Bakal Sediakan Banyak Fasilitas untuk Kaum Difabel

Details Created on Thursday, 04 July 2013 17:59 Published Date

Jakarta, GATRAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meluangkan waktu untuk berjalan-jalan dengan penyandang disabilitas menggunakan bus Transjakarta. Usai acara tersebut Jokowi, demikian sapaan pria ini, langsung mencatat beberapa hal yang harus diperhatikan Pemprov untuk memperbaiki fasilitas umum yang ramah bagi kaum difabel.


Salah satunya, menurut Jokowi akses jalan berbatu di sepanjang jalan trotoar di Jakarta. Jokowi menilai secara estetika batu-batu tersebut bagus bagi pejalan kaki normal. Namun, ternyata bagi kaum difabel batu tersebut justru mempersulit mereka. 'Misalnya yang ditrotoar. Yang tak ada guiding bloknya. Kemudian yang berat di trotoar dipasang batu-batu. Untuk penyadang disabilitas menjadi hambatan,' ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (4/7).


Selain itu, lanjut Jokowi, Jokowi mencatat kalau pintu masuk halte busway terlalu sempit sehingga pengguna kursi roda sulit untuk lewat. Catatan Jokowi lainnya adalah minimnya pengetahuan petugas bus Transjakarta mengenai cara berinteraksi dengan kaum difabel, khususnya tuna rungu. Ditambah dengan tidak adanya loket khusus bagi mereka membuat penyandang disabilitas ini semakin kesulitan mengakses halte Trans Jakarta. 'Kemudian loketnya. Kalau tidak terang, yang tuna rungu, tidak bisa baca bibir,' jelas Jokowi.


Karena minimnya fasilitas tersebut, Jokowi mengatakan di halte Transjakarta pernah ada kaum difabel yang jatuh dan terjepit karena harus berdesakan dengan penumpang umum lainnya. Di dalam bus sendiri, kata Jokowi, tidak ada safety belt yang bisa menahan kursi roda agar tidak bergerak. Seharusnya benda tersebut harus ada karena bus selalu bergoncang ketika berjalan.


Oleh karena itu, Jokowi berjanji mulai tahun depan melalui dinas terkait seluruh fasilitas tersebut akan diperbaiki. Perbaikan tidak hanya akan dilakukan di sarana transportasi saja. Melainkan menjadikan kantor dan mall menjadi tempat yang ramah terhadap kaum disabilitas. 'Karena memang banyak sekali dan sudah diberikan catatan secara tertulis untuk jadi perbaikan. Tidak hanya di bis, di kantor juga, di mall juga, terus aksesbilitasnya harus. Semuanya baik. Karena kalau semuanya baik untuk penyandang disabilitas. Kita ini kita juga akan lebih baik,' ujar Jokowi. (*/Zak)


Add comment


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul Jokowi Bakal Sediakan Banyak Fasilitas untuk Kaum Difabel. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/07/jokowi-bakal-sediakan-banyak-fasilitas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, July 4, 2013

Belum ada komentar untuk "Jokowi Bakal Sediakan Banyak Fasilitas untuk Kaum Difabel"

Post a Comment