Kabar Jokowi

Seperti Jokowi, Abang None Juga "Blusukan"


JAKARTA, KABARJOKOWI.BLOGSPOT.COM.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman menegaskan, peserta Abang None Jakarta tahun 2013 bukan sekadar pajangan. Mereka memiliki tanggung jawab besar dalam mengawal kelestarian kebudayaan Betawi dan mengikuti kegiatan blusukan.


'Sejak puluhan tahun lalu, Abang None itu sering dibilang pajangan. Loh kok pajangan, ya bukan,' ujarnya di Balaikota Jakarta, Selasa (2/7/2013) pagi.


Arie menyatakan, setiap finalis Abang None memiliki latar belakang keterampilan. Dari keterampilannya itu, mereka dibekali sejumlah wawasan lain, misalnya sejarah dan budaya Betawi, tata pemerintahan DKI Jakarta, teknik komunikasi, protokoler, dan sejumlah bidang lain. Arie menambahkan, Abang None juga telah melakukan kegiatan blusukan ke masyarakat, layaknya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Mereka antara lain menyelenggarakan jelajah museum bagi anak-anak, pengobatan gratis bagi warga miskin, dan sunatan massal.


'Hanya memang itu kurang dipublikasikan. Oleh sebab itu, masyarakat sering bilang Abang None itu pajangan, padahal jelas bukanlah,' ujarnya.


Arie mengakui, keberhasilan pengembangan di bidang pariwisata memang merupakan upaya kolektif dari seluruh stakeholder. Abang None merupakan salah satu garda depan pengembangan pariwisata itu.


'Abang None itu juru bicara, lebih fresh kalau yang muda. Mereka dibekali teknik komunikasi bagus, sangat memengaruhi wisata,' ujar Arie.


Pemilihan Abang None Jakarta merupakan ajang kompetisi bakat dan intelektualitas yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya melestarikan kebudayaan Betawi. Dengan tema 'Abang None di Pasar Rakyat Gambir', penyelenggaraan Abang None juga bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta.


Pada tahun 2013, sebanyak 1.854 pasang peserta mendaftar di enam wilayah DKI Jakarta. Angka itu naik 21,06 persen dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1.467 pasang peserta. Dari angka tersebut, diseleksi kembali hingga mendapat angka 18 pasang finalis.


Penyelenggaraan final pemilihan Abang None tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, malam final pemilihan Abang None diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Senayan. Kali ini final pemilihan akan berlangsung di plasa timur Monumen Nasional pada 3 Juli 2013. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Sebelum acara itu, akan digelar pula Pesta Rakyat Pasar Gambir.


Editor : Laksono Hari Wiwoho


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul Seperti Jokowi, Abang None Juga "Blusukan". Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/07/seperti-jokowi-abang-none-juga.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Monday, July 1, 2013

Belum ada komentar untuk "Seperti Jokowi, Abang None Juga "Blusukan""

Post a Comment