Kabar Jokowi

'Bergelar' Presiden Terpilih, di Mana Jokowi Sekarang Tinggal?


Tribunnews.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo kembali aktif sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sejak cuti dari jabatan gubernur 1 Juni lalu untuk mengikuti proses pemilihan presiden, Jokowi meninggalkan rumah dinas di Jalan Taman Surapati No 7, Menteng, Jakarta Pusat dan mendiami rumah sewaan di Jalan Sawo No 2, masih di kawasan Menteng.


Setelah aktif kembali sebagai gubernur, apakah Jokowi kembali ke rumah dinas? Ditemui awak Tribun di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/7/2014) siang, pria yang akrab disapa Jokowi itu mengaku telah kembali menempati rumah dinas Gubernur DKI di Jalan Taman Suropati No 7, Menteng, Jakarta Pusat.


'Sejak kemarin, sejak masuk (aktif sebagai gubernur,-red) kok,' kata Jokowi.


Menurut Jokowi, rumah dinas tersebut hanya digunakan sebagai tempat menerima tamu dalam kaitan tugas sebagai gubernur. Meski begitu, mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah ini mengaku belum memindahkan kembali sejumlah barang pribadinya dari rumah sewanya di Jalan Sawo nomor 32N Gondangdia, Jakarta Pusat, ke rumah dinas gubernur.


Menurut Jokowi, laki-laki asal Solo yang terjun ke bisnis furnitur berbahan jati ini, rumah dinas tersebut hanya digunakan sebagai tempat menerima tamu dalam kaitan tugas sebagai gubernur. 'Saya cuma terima tamu. Nah, kalau mau tidur mesti gotong-gotong kasur lagi,' kata Jokowi.


Berdasarkan pantauan TRIBUNNews.com di rumah dinas gubernur di Jalan Taman Suropati No 7, Menteng, Kamis petang, tampak belasan karangan bunga ucapan selamat atas terpilihnya Jokowi menjadi presiden. Karangan bunga berdiri berjajar rapi di halaman rumah bergaya klasik tersebut. 'Ini karangan bunga baru pada datang kemarin,' ujar seorang petugas jaga rumah dinas gubernur.


Tampak lima petugas Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjaga di pos depan rumah dinas itu. Menurut seorang petugas jaga, Jokowi tidak pernah menyambangi rumah dinas sejak dua bulan lalu atau sejak cuti untuk maju sebagai calon presiden.


'Bapak sudah enggak pernah ke sini dari dua bulan lalu,' ujarnya.


Sepulang dari Balai Kota DKI Jakarta dan blusukan dengan membagikan sembako di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, kemarin, Jokowi langsung pulang menuju rumah sewanya di Jalan Sawo No 32. Rumah sewa yang ditaksir seharga Rp 300 - Rp 400 jutaan per tahun itu, tampak dijaga dua pengawal Jokowi. Mereka berjaga-jaga di depan pagar rumah. Seorang di antaranya meminta Tribun agar tidak mendekat ke tempat peristirahatan Jokowi itu.


'Bapak ada di dalam. Nanti, nanti saja,' ujarnya.


Pengawal pribadi Jokowi itu langsung menuju sebuah rumah yang dijadikan sebagai basecamp para pengawal pribadi Jokowi. Para pengawal pribadi Jokowi tersebut terletak di persimpangan Jalan Sawo atau berjarak sekitar 50 meter dari rumah sewa yang ditinggali oleh Jokowi.


'Yang mengawal bapak masih dari kepolisian, belum ada dari Paspampres,' ujar seorang pengawal pribadi Jokowi lainnya. Menurutnya, Jokowi masih sempat beberapa kali ke rumah dinas Gubernur DKI di Jalan Taman Suropati No 7. 'Bapak kadang-kadang ke rumah dinas kok,' ujarnya.


Di rumah itu, tampak sejumlah motor operasinal dan kendaraan taktis pihak Polri. 'Kami ada dari Brimob, Polantas dan lainnya,' jelasnya.


Berselang beberapa menit, pengawal pribadi langsung beranjak seraya mengatakan, 'Taruna menuju CT.' Informasi yang dihimpul Tribun, Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta menghadiri acara buka puasa bersama Wakil Presiden Boediono dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di kediaman Menko Perekenomian, Chairul Tanjung, Jalan Teuku Umar No 50, Menteng, Jakarta Pusat.


Rumah Chairul Tanjung tersebut hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari rumah sewa yang ditinggali Jokowi. Benar saja, sekitar pukul 17.00 WIB, Jokowi berangkat dari rumah sewanya menuju kediaman Chairul Tanjung. Baru sekitar pukul 19.45 WIB, Jokowi meninggalkan kediaman bos Trans Corp itu dan langsung kembali menuju ke rumah sewanya di Jalan Sawo.


Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta dua tahun lalu, Jokowi belum memiliki rumah pribadi di Jakarta. Saat ini, Jokowi sebagai presiden terpilih pun belum mempunyai rumah pribadi yang dibeli sendiri. Rencananya Jokowi akan menempati Istana Presiden setelah dilantik menjadi Presiden RI pada 20 Oktober 2014 mendatang.'Di istana. Masa saya tinggal di Solo,' kata Jokowi di Balai Kota.


Saat diusung menjadi capres pada sekitar dua bulan lalu, Jokowi meninggalkan rumah dinas Gubernur DKI di Jalan Taman Suropati No 7, Menteng, Jakpus. Sejumlah barang pribadi kesayangannya, seperti meja, kursi dan perkakas dari kayu jati sudah dikirimkan ke kampung halaman di Solo dengan jasa pengiriman.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bergelar Presiden Terpilih / di Mana Jokowi Sekarang Tinggal? dengan judul 'Bergelar' Presiden Terpilih, di Mana Jokowi Sekarang Tinggal?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/07/presiden-terpilih-di-mana-jokowi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, July 24, 2014

Belum ada komentar untuk "'Bergelar' Presiden Terpilih, di Mana Jokowi Sekarang Tinggal?"

Post a Comment