Kabar Jokowi

DUKUNGAN CAPRES


Pegiat Komunitas Canting Kakung, Chosaeri, sibuk melukis wajah Jokowi pada kain putih dengan metode lukis batik di Jl. Parang Kusumo No. 10. Tegalrejo, Sondakan, Laweyan, Solo, Selasa (1/7/2014).(JIBI/Solopos/Tri Rahayu)


Solopos.com, SOLO -Sosok lelaki tua sibuk melukis wajah pada kain mori berwarna putih di depan rumahnya. Rambut putihnya terurai panjang. Tangan kanannya tak henti-henti membuat sketsa wajah pada kain berukuran satu meter persegi. Garis-garis sketsa itu bukanlah dengan bahan tinta atau cat, melainkan menggunakan bahan malam cair yang dipanas.


Ya, Chosaeri, demikian nama panggilan seniman lukis batik yang tinggal di Jl. Parang Kusumo No. 10, Tegalrejo, Sondakan, Laweyan, Solo. Pria berkumis putih itu sengaja membikin sketsa wajah calon presiden (capres) asal Kota Bengawan, Joko Widodo (Jokowi). Upaya melukis ekspresi wajah Jokowi muncul secara spontanitas dari pegiat Komunitas Canting Kangkung itu sejak Minggu (29/6/2014) lalu.


Dalam waktu singkat, Chosaeri mampu menghasilkan lukisan batik pada kain sepanjang enam meter dan lebar 1,2 meter. Teknik melukisnya berbeda dengan teknik melukis seniman lukis pada umumnya. Tekniknya persis seperti pembuatan batik pada umumnya. 'Namun, saya hanya menggunakan dua warna dalam lukisan batik Jokowi ini. Pewarnaannya ya sama dengan pewarnaan batik, lebih sulit. Hasilnya ya bisa dilihat sendiri. Rencana lukisan ini akan saya pamerkan di Joglo Sriwedari,' akunya saat ditemui wartawan di kediamannya, Selasa (1/7/2014).


Ada enam wajah Jokowi dengan berbagai eskpresi yang dilukis Chosaeri pada kain sepanjang enam meter itu. Mulai dari eskpresi Jokowi tertawa, marah, tersenyum, dan seterusnya. Eskpresi wajah Jokowi itu digambar hanya dengan melihat foto-foto di media massa. 'Lukisan ini dibolak balik ekspresianya sama karena pewarnaannya tembus kain. Saya tertarik dengan Pak Jokowi karena dulu pernah membuka acara Komunitas Canting Kakung. Kami juga sempat menyumbang lukisan batik wajah beliau saat mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta,' imbuhnya.


Berbeda dengan eskpresi seniman lukis yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Surakarta (KPS) yang menggelar kegiatan serupa di Joglo Sriwedari, Selasa siang. Ada tujuh pelukis dari Klaten dan Solo yang berlomba melukis Jokowi pada kanvas dengan tema Membaca Jokowi. Selain itu, mereka juga memerkan 31 hasil lukisan pegiat KPS dan empat poster aktivitas Jokowi di Solo.


'Tujuh seniman itu tentu memiliki cara dan ekspresi sendiri dalam melihat sosok Jokowi. Hasil lukisan mereka pasti berbeda-beda, itu yang menarik dalam aksi demo melukis itu,' ujar Koordinator KPS, Erwan Setia Budi, saat ditemui wartawan, secara terpisah, Senin. Konsep acara yang digagas Erwan dan teman-temannya mengadopsi Konser Musik Harmoni Revolusi Mental beberapa waktu lalu. Tujuan kegiatan itu tidak lain untuk mendukung Jokowi menjadi capres. Hanya kegiatannya dikemas dengan cara yang berbeda dari biasanya.


Entities Related Keywords authors 0 Name: Anik Sulistyawati Url: http://ift.tt/1q4dYwH Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori DUKUNGAN CAPRES dengan judul DUKUNGAN CAPRES. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/07/dukungan-capres.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Tuesday, July 1, 2014

Belum ada komentar untuk "DUKUNGAN CAPRES"

Post a Comment