Kabar Jokowi

Kabinet Kerja Jokowi: 13 Menteri dari Parpol, 21 Profesional - Detikcom


Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla telah mengumumkan nama-nama menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja. Sebanyak 13 menteri berasal dari partai politik sementara 21 orang lainnya datang dari kalangan profesional.


Pengumuman nama-nama menteri itu dilakukan di halaman Istana Negara, Minggu (26/10/2014) pukul 17.30 WIB. Jokowi memanggil 34 menteri satu per satu.


Berdasarkan latar belakangnya, sebanyak 13 menteri (38%) berasal dari partai politik. Ada 4 menteri dari PDIP, 4 nama dari PKB, 2 orang dari NasDem, 2 menteri dari Hanura, dan 1 orang dari PPP. Sementara itu, ada 21 menteri (72%) yang berasal dari kalangan profesional dengan berbagai latar belakang.


Sebelum pengumuman nama-nama menteri ini, Jokowi mengatakan bahwa komposisi kabinet adalah 16 dari parpol dan 18 dari profesional. Namun komposisi ini berubah saat diumumkan hari ini.


Berikut adalah nama-nama menteri yang berasal dari kalangan parpol:


1. Menteri Dalam Negeri : Tjahjo Kumolo (PDIP)2. Menteri Hukum dan HAM : Yasonna H Laoly (PDIP)3. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi: Yuddy Chrisnandi (Hanura)4. Menteri Koperasi dan UMKM: Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga (PDIP)5. Menteri Perindustrian : M Saleh Husin (Hanura)6. Menteri Ketenagakerjaan : Hanif Dhakiri (PKB)7. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya (NasDem)8. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Ferry Mursyidan Baldan (NasDem) 9. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani (PDIP)10. Menteri Agama : Lukman Hakim Saifuddin (PPP)11. Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi : M Nasir (PKB)12. Menteri Pemuda dan Olahraga: Imam Nahrawi (PKB)13. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Marwan Ja'far (PKB)


Berikut adalah nama-nama menteri yang berasal dari kalangan profesional:


1. Menteri Sekretaris Negara : Praktino2. Menteri Perencanaan Pembangunan Negara/Kepala Bappenas: Andrinof Chaniago3. Menko Bidang Kemaritiman : Indroyono Soesilo4. Menteri Perhubungan : Ignasius Jonan5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti 6. Menteri Pariwisata : Arief Yahya7. Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral: Sudirman Said8. Menko Bidang Polhukam : Tedjo Edy Purdijatno 9. Menteri Luar Negeri : Retno Lestari Priansari Marsudi10. Menteri Pertahanan : Ryamizard Ryacudu11. Menteri Komunikasi dan Informatika: Rudiantara12. Menko Bidang Perekonomian: Sofjan Djalil13. Menteri Keuangan : Bambang Brodjonegoro14. Menteri BUMN : Rini M Soemarno15. Menteri Perdagangan : Rachmat Gobel 16. Menteri Pertanian : Amran Sulaiman17. Menteri PU dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadi Muljono 18. Menteri Kesehatan : Nila F Moeloek19. Menteri Sosial : Khofifah Indar Parawansa20. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohana Yambise21. Menteri Kebudayaan dan Pedidikan Dasar dan Menengah: Anies Baswedan


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di 'Reportase Malam' pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(imk/mad)



Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu


Lapsus


Lady Iriana

Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori 21 Profesional - Detikcom / Kabinet Kerja Jokowi: 13 Menteri dari Parpol dengan judul Kabinet Kerja Jokowi: 13 Menteri dari Parpol, 21 Profesional - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/kabinet-kerja-jokowi-13-menteri-dari.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, October 26, 2014

Belum ada komentar untuk "Kabinet Kerja Jokowi: 13 Menteri dari Parpol, 21 Profesional - Detikcom"

Post a Comment