Kabar Jokowi

Mengintip Kesiapan Calon Menteri Jokowi - Okezone


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan mengumumkan nama-nama calon menterinya esok hari. Mereka adalah orang pilihan yang akan membantu pemerintahannya selama lima tahun mendatang.


Sebelumnya, Jokowi telah mengirimkan nama-nama calon menterinya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisi Transaksi (PPATK) untuk dilakukan verifikasi.


Hasilnya ada delapan nama yang mendapat tanda merah dari KPK. Kondisi ini membuat Jokowi harus kembali mencari dan menyodorkan nama-nama lain untuk duduk sebagai menteri.


Mantan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Andi Widjajanto, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merampungkan seleksi terhadap calon menteri yang akan duduk di kabinetnya.


Semua nama-nama yang telah dipanggil Jokowi, tidak semuanya akan menjalankan fit and proper test. Sebab, sebagian nama tersebut sudah dikenal track record-nya oleh Jokowi.


Sementara itu sampai saat ini spekulasi sejumlah nama telah beredar beserta posisi jabatannya. Lalu bagaimana para calon menteri tersebut menanggapi kabar yang beredar dan sejauh apa persiapannya?


1. Wiranto

Ketua Umum Partai Hanura ini disebut masuk dalam daftar kabinet Jokowi dan akan menduduki posis sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM.


Mengenai kabar yang beredar itu, Wiranto pun nampaknya enggan menjelaskan. Dirinya memilih menunggu pengumuman langsung dari Presiden Jokowi yang sedianya akan diumumkan esok hari.


Sementara itu, rumah Wiranto yang berada di Perumahan Palem Kartika, Bambu Apus, Jakarta Timur juga tidak menunjukan aktivitas persiapan. Sebaliknya rumah asri itu tampak sepi.


2. Khofifah Indar Parawansa

Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa juga disebut akan menjadi pembantu dalam pemeriantahan Jokowi-JK sebagai Menteri Koperasi. Kabar itu disambut baik oleh para tetangga Khofifah yang berada di Jalan Jemursari VIII, Kecamatan Wonocolo, Surabaya.


Namun sejauh ini menurut tetangga, tidak ada persiapan yang berarti terkait spekulasi itu. Achmad Ali, warga Wonocolo ini mengaku, rumah tersebut memang terlihat sepi. Berbeda ketika masa pencalonan di Pilgub Jatim 2013 lalu. Rumah tersebut tidak pernah sepi dari beragam aktivitas politik dan konsolidasi massa.


'Sepi rumahnya. Terlihat biasa-biasa saja,' kata Ali yang sehari-hari berjualan nasi di Warung, sekitar 100 meter dari rumah Khofifah, Sabtu (25/10/2014).


Pria yang pernah menempuh pendidikan di UINSA ini mengaku mendengar bahwa nama tetangganya itu masuk dalam Bursa Menteri Kabinet Jokowi-JK. Kata Ali, setidaknya sebagai tetangga merasa senang.


'Ya tahu dari media. Perasaan senang lah minimal nanti punya tetangga menteri,' kelakar Ali.


3. Andrinof Chaniago

Pengamt Politik dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia (UI) Andrinof Chaniago dipanggil oleh Jokowi ke Istana. Santer dikabarkan, Andrinof disebut akan menduduki Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional.


Disambangi ke rumahnya yang ada di Jalan Kemangi, Beji, Depok, Jawa Barat, tampak kosong.


'Saya memang sedang tidak ada di rumah, rumah kosong semua pergi. Saya sedang di jalan, saya baru ada di rumah besok pagi,' ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (25/10/2014).


Andrinof menegaskan, siap untuk mengemban jabatan sebagi menteri. Andrinof mengaku hingga saat ini secara pribadi belum mendapatkan kepastian secara resmi oleh Presiden Jokowi terkait jabatan tersebut.


'Saya tentu siap, jika dipercaya menjadi menteri. Tetapi itu kan baru disebut dan katanya. Jika saya yang dipilih, berarti Pak Jokowi menilai saya mampu dan layak,' tegasnya.


4. Hanif Dakhiri

Sekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa Hanif Dakhiri disebut - sebut menjadi salah satu menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Namun hingga kini Hanif belum bisa dikonfirmasi menanggapi hal tersebut. Sementara itu tak ada aktivitas apapun di rumah Hanif di Permata Depok Jalan Pirus, Blok K1, Citayam, Depok. Hanya lampu yang menyala di halaman rumah.


Salah satu tukang ojek di depan rumah Hanif, yakni Tudung mengatakan, Hanif memang sudah dua bulan terakhir tidak tinggal di sana, tetapi di rumah dinas.


'Memang jarang ditempati, paling pembantunya saja datang tiap Rabu, atau istrinya nengok rumah,' ungkapnya di lokasi, Sabtu (25/10/2014).


Tudung menuturkan, warga di lokasi perumahan tersebut sudah mengetahui kabar Hanif akan diangkat menjadi menteri dari media massa. Hanif sudah tinggal di rumah tersebut sejak lima tahun terakhir.


(crl)


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mengintip Kesiapan Calon Menteri Jokowi - Okezone dengan judul Mengintip Kesiapan Calon Menteri Jokowi - Okezone. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/mengintip-kesiapan-calon-menteri-jokowi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, October 25, 2014

Belum ada komentar untuk "Mengintip Kesiapan Calon Menteri Jokowi - Okezone"

Post a Comment