Kabar Jokowi

Komposisi Kabinet Jokowi Berubah Lagi, Sekarang Ada 34 ... - Detikcom

Mega Putra Ratya - detikNews



Jakarta - Arsitektur kabinet Jokowi-JK ternyata berubah lagi. Pertama kali diumumkan akan ada 34 kementerian, kemudian berkurang ke angka 33. Kini, kabinet Presiden Joko Widodo dipastikan terdiri dari 34 kementerian.


'Ada 34 kementerian. Komposisi relatif masih sama, 16 (parpol), 18 (profesional),' kata eks Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Istana Merdeka, Kamis (23/10/2014).


Andi menuturkan bahwa pembagian jatah kursi menteri untuk tiap parpol sudah disepakati. Posisi untuk tiap orang pun sudah disetujui Jokowi.


'Proporsi masing-masing parpol sudah disepakati. Sudah sesuai dengan komposisi yang diminta Pak Jokowi dengan kebutuhan di posisi-posisi mana,' ujar Andi.


Saat konferensi pers di Kantor Transisi, Senin (15/9) silam, Jokowi membeberkan arsitektur kabinetnya untuk pertama kali yaitu 34 kementerian dengan 3 menko. Sementara itu, jatah untuk parpol adalah sebanyak 16 kementerian.


Kemudian, arsitektur kabinet itu diperbarui. Pada Jumat (10/10), Jokowi mengumumkan bahwa kabinetnya akan berisi 33 kementerian dengan proporsi 15 dari parpol dan 18 dari profesional.


'Nanti kalau sudah final betul akan kami umumkan. Tapi sampai hari ini 33 (kementerian). Menko ada 4. Ini akan kami umumkan kalau sudah final,' kata Jokowi di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (10/10/2014).


Selain mengubah jumlah kementerian dan menko, Jokowi juga mengurangi jatah bagi parpol. Kini, 'hanya' 15 kursi menteri yang disediakan bagi kader parpol.


'Sudah isi semuanya di pos-pos (Kementerian) itu, sudah isi semuanya, tapi isinya ada 4, 5, 2, makanya disaring jadi satu- satu,' ucap Jokowi.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di 'Reportase Malam' pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(imk/trq)



Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu


Lapsus



Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Komposisi Kabinet Jokowi Berubah Lagi / Sekarang Ada 34 ... - Detikcom dengan judul Komposisi Kabinet Jokowi Berubah Lagi, Sekarang Ada 34 ... - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/komposisi-kabinet-jokowi-berubah-lagi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, October 23, 2014

Belum ada komentar untuk "Komposisi Kabinet Jokowi Berubah Lagi, Sekarang Ada 34 ... - Detikcom"

Post a Comment