Kabar Jokowi

Ini Cerita Rumah Transisi Jokowi Menggodok Calon


KABARJOKOWI.BLOGSPOT.COM IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES


Presiden terpilih Joko Widodo berpose bersama Kepala Staf Kantor Transisi Rini M Soemarno dan 4 deputi kantor transisi Andi Widjajanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan dan Akbar Faisal seusai meresmikan kantor transisi di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Senin (4/8/2014). Kantor berwujud rumah itu akan menjadi tempat untuk mempersiapkan jalannya pemerintahan hingga pelantikan presiden, termasuk membahas pembentukan kabinet dan APBN 2015.



Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagaimana Jokowi menyeleksi calon-calon menterinya? Inilah yang kini sedang sering dibahas di Rumah Transisi, markas pemerintahan transisi pimpinan Jokowi.


Tapi yang sedang dibahas menyangkut kompetensi, belum menyentuh figur.


Deputi Rumah Transisi Andi Widjajanto mengaku tidak mengetahui apakah dalam komposisi kabinet yang akan dibentuk pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla ke depan akan menempatkan perwakilan daerah seperti Aceh dan Papua.


Pasalnya menurut Andi pihaknya di rumah transisi tidak diminta Jokowi-Jk untuk membuat matrik proporsional melainan matrik yang membahas kompetensi.


'Itu yang disebut dengan matrik proporsional. Kami tidak diminta pak Jokowi-JK untuk menyusun matrik proporsional. Kriteria kami berhenti di kompetensi,' ujar Andi, Selasa (19/8/2014).


Andi mengatakan Matrix proporsional disusun berdasarkan daerah, identitas, dan berdasarkan partai, sementara kompetensi berdasarkan kemampuan di bidangnya.


'Orang jadi Menteri Luar Negeri itu kompetensinya harus dc, bahasa inggris harus jago. Kalau bisa bahasa Perancis, cina, misalnya. Kompetensi yang dibutuhkan, tapi tidak identitas,' ujar Andi.


Andi juga mengatakan Rumah Transisi tidak menentukan figur untuk ditempatkan pada kabinet yang akan membantu Jokowi-JK dalam pemerintahan nantinya. Soal figur atau nama, murni ada di tangan Jokowi-JK.


'Ga, figur itu langsung akan diambil alih pak Jokowi-JK, Jadi matrik proporsional itu tidak masuk ke kantor ini untuk membahasnya, jadi kami tidak punya matrik sekian persen dari kelompok ini, sekian persen dari daerah ini, sekian persen dari partai ini, tidak,' ujar Andi.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ini Cerita Rumah Transisi Jokowi Menggodok Calon dengan judul Ini Cerita Rumah Transisi Jokowi Menggodok Calon. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/08/ini-cerita-rumah-transisi-jokowi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Wednesday, August 20, 2014

Belum ada komentar untuk "Ini Cerita Rumah Transisi Jokowi Menggodok Calon"

Post a Comment