Kabar Jokowi

Pengawalan Jokowi Mirip Obama


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebelum mengikuti Pilpres 2014, Jokowi hanya dikawal oleh dua mobil pengawal dan satu unit motor Dishub DKI. Kendaraan Jokowi terkadang berbaur dengan kendaraan warga dan ikut merasakan macetnya lalu lintas Jakarta. Setelah paspampres masuk, ada sterilisasi jalan. Namun tidak seluruh jalan disterilisasi oleh paspampres.


Pengamanan paspampres tidak begitu ketat ketika mengawal Jokowi saat di luar kendaraan. Seperti ketika Jokowi selesai membuka Rakornas II Relawan Projo di Hotel Whiiz Kelapa Gading, Jakarta. Paspampres tidak memberi jarak terlalu jauh ketika relawan maupun pengunjung hotel ingin mendekati Jokowi.


Saat awak media melakukan wawancara, paspampres tidak memberi jarak. Mereka hanya berjaga di samping kanan kiri Jokowi . Namun paspampres tetap memasang pendeteksi metal dan alat screening untuk mendeteksi benda-benda berbahaya. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Mochamad Fuad Basya menjelaskan Paspampres Grup D telah melakukan tugasnya hingga pelantikan presiden.


'240 Personel paspampres lengkap dengan peralatannya bertugas mengawal Pak Jokowi dan JK,' tegas Fuad.


Dijelaskan, layaknya pengamanan VVIP, personel pengawal Jokowi-JK dilengkapi intelijen dan tenaga kesehatan yang bertugas 24 jam. Pasukan tersebut dipimpin Kolonel Wahyu Handoyo dan wakilnya, Letkol Mar Oni Junianto.


Anggota Dewan Penasihat Tim Transisi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan Jokowi tidak menyukai pengawalan yang terlalu ketat. 'Jokowi mau pengamanan longgar namun keamanan masih tetap terjamin,' ujar Luhut saat mendampingi Jokowi bersilaturahmi dengan ribuan relawan di Ancol, Jakarta, Sabtu.


Luhut mengatakan keinginan Jokowi untuk tidak mendapatkan pengawalan ketat tersebut mirip dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Presiden ke- 44 Amerika Serikat tersebut pernah meminta satuan pengamanannya (Secret Service) untuk tidak terlalu ketat.


Luhut menambahkan gaya dan karakter setiap pemimpin berbeda-beda. 'Seperti Obama, tiba-tiba ingin pergi ke restoran, fast food, ya pergi dia. Paspampres harus siap untuk mengamankan presiden, kan itu tugas pokoknya,' ujar Luhut.


Luhut mengatakan Jokowi telah memberikan arahan kepada perwakilan paspampres. 'Paspampres memutar otak untuk mencari prosedur pengamanan yang tepat sesuai keinginan Jokowi. Jokowi menginginkan adanya keseimbangan privasi untuk bertemu rakyat dan sistem pengamanan yang diterapkan,' ujar Luhut. ( nic/pul)


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pengawalan Jokowi Mirip Obama dengan judul Pengawalan Jokowi Mirip Obama. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/08/pengawalan-jokowi-mirip-obama.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, August 23, 2014

Belum ada komentar untuk "Pengawalan Jokowi Mirip Obama"

Post a Comment