Kabar Jokowi

Jegal Pelantikan Jokowi-JK, KMP Akan Diadili Rakyat - BeritaSatu

Jakarta - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla beredar isu upaya pemboikotan atau penjegalan pelantikan Jokowi-JK menjadi Preiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 oleh partai Koalisi Merah Putih (KMP).


Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai jika tindakan anggota partai KMP benar dilakukan, maka mereka akan diadili dan dihukum oleh rakyat Indonesia.


Ray menilai tidak ada alasan hukum maupun moral bagi KMP untuk menjegal atau memboikot pelantikan Jokowi-JK yang dijadwalkan digelar pada 20 Oktober 2014.


'Pelantikan Jokowi-JK jadi Presiden dan Wakil Presiden tidak bisa dibatalkan karena sudah ada keputusan KPU dan diperkuat oleh keputusan Mahkamah Konstitusi yang bersifat final dan mengikat. Jika KMP menjegal, itu akan menunjukkan kekerdilan mereka sebagai politisi,' ujar Ray, Sabtu (4/10).


Ray sangat yakin rakyat akan mengadili dan menghukum anggota partai KMP jika melakukan penjegalan pelantikan Jokowi-JK.


Menurutnya, rakyat melihat bahwa tindakan KMP lebih didorong oleh balas dendam politik, dan bukan untuk kepentingan rakyat.


'Penjegalan ini akan mencederai mereka (KMP) sendiri. Rakyat akan nilai, kemudian adili mereka, marah dan pada akhirnya tidak percaya lagi dengan KMP. Tindakan mereka tidak mengutamakan kepentingan rakyat, tetapi kepentingan golongan dan partai,' tegasnya.


Jika KMP tidak hadir dalam pelantikan atau memboikot pelantikan, lanjutn Ray, hal tersebut tidak dengan sendirinya membatalkan Jokowi-JK menjadi presiden dan wakil presiden.


Dia mengungkapkan, pelantikan tersebut hanya seremonial belaka, dan Jokowi-JK sah menjadi presiden dan wakil presiden sejak keputusan MK.


'Tidak ada argumen hukum dan moral yang dapat menjegal pelantikan Jokowi-JK. Justru kalau anggota KMP tidak hadir dalam pelantikan, mereka dapat diajukan ke Mahkamah Kehormatan DPR,' tuturnya.


Terlepas dari semua itu, Ray mengaku tidak yakin KMP akan melakukan penjegalan atau pemboikotan pelantikan Jokowi-JK karena akan merusak citra diri mereka.


Dia juga berharap PDI Perjuangan atau partai Koalisi Indonesia Hebat lainnya tidak perlu cemas dengan upaya penjegalan tersebut.


'Jokowi-JK dan partai Koalisi Indonesia Hebat fokus saja dengan pelantikan dan setelah menjalankan program-program pro-rakyat,'pungkasnya.



Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jegal Pelantikan Jokowi-JK / KMP Akan Diadili Rakyat - BeritaSatu dengan judul Jegal Pelantikan Jokowi-JK, KMP Akan Diadili Rakyat - BeritaSatu. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/jegal-pelantikan-jokowi-jk-kmp-akan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, October 4, 2014

Belum ada komentar untuk "Jegal Pelantikan Jokowi-JK, KMP Akan Diadili Rakyat - BeritaSatu"

Post a Comment