Kabar Jokowi

Kereta Jokowi Ditarik Dua Kuda Bunting - Okezone


SOLO- Kesibukan terlihat di kediaman Mudjiono Prasetyo di Jajar RT 03/VI, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, akhir pekan kemarin. Beberapa pekerja tanpak tengah menutup pintu bak truk yang sudah ditutupi terpal dan diisi rumput yang sudah dimasukan dalam beberapa karung. Sedangkan di dalam bak truk itu sendiri, ada empat ekor kuda yang berukuran cukup besar. Tak lama kemudian, tepat pukul 20.00 WIB, truk pun melaju menuju ibu kota.


'Itu kuda yang akan dipakai Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla untuk kirab seusai pelantikan nanti,' jelas seorang pria yang tak lain Ngabehi Mudjiono Praseyo, pemilik kuda yang akan dipakai Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi - Jusuf Kalla, usai pelantikan.


Mudjiono mengatakan kuda-kuda miliknya itu bukan pertama kalinya dipakai Jokowi. Selama tujuh tahun memimpin Kota Surakarta, Jokowi telah berulang kali memakai kuda miliknya untuk kirab. Bahkan saat menjabat sebagai Gubenur DKI Jakarta, Jokowi pun kembali memakai kuda miliknya. Termasuk ketika ada tamu ataupun festival budaya, kuda miliknya itu pun dipakai Jokowi.


'Pak Jokowi sudah sering pakai kuda punya saya. Jadi ini bukan yang pertama kalinya Pak Jokowi pakai kuda saya,' paparnya.


Menurut Mudjiono, permintaan agar kuda miliknya itu dikirim ke Jakarta untuk kembali dipakai oleh Jokowi sangat mendadak. Dirinya baru hari Selasa 14 Oktober lalu ditelepon oleh orang kepercayaan Jokowi untuk membawa kembali kuda-kudannya ke Jakarta.


'Mendadak banget, baru Selasa kemarin saya ditelepon. Terakhir Pak Jokowi pakai kuda saya saat Festival Keraton Dunia, Desember 2013, Pak Jokowi langsung memesan 16 kuda untuk dibawa ke Jakarta,' terangnya ketika ditemui di rumahnya.


Mudjiono mengungkapkan, kuda-kuda itu tak seluruhnya miliknya. Dirinya terpaksa meminjam kuda dari temannya kalau orderan sewa kuda jumlahnya cukup banyak.


Dia bercerita awal pertemuan dengan Joko Widodo terjadi pada 2004 lalu saat Jokowi akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota. Saat itu, dirinya dikenalkan oleh orang kepercayaan Jokowi. Dari perkenalan itu, hingga sekarang, Jokowi selalu menggunakan kuda-kudannya. Apalagi kuda miliknya tersebut termasuk kuda pacu. Sehingga dari segi postur kuda, sangat ideal dan kuat.


'Ya orang kepercayaan pak Jokowi inilah yang memperkenalkan saya pada Pak Jokowi. Waktu itu Pak Jokowi kaget saat awal bertemu kalau saya punya kuda pacu. Jadinya sampai sekarang pakai kuda saya,' ungkapnya tanpa mau menyebutkan berapa harga sewa kuda miliknya yang akan dipakai saat pelantikan.


Mudjiono mengatakan dirinya yang akan duduk sebagai kusir kuda yang akan dinaiki oleh Jokowi. Empat ekor kuda yang dibawa ke Jakarta berjenis kelamin perempuan, dan masih keturunan dari kuda pacu.


Keduanya Agustin dan Srikandi adalah keturunan ras Australia. Usianya antara tujuh tahun sampai sepuluh tahun. Namanya Srikandi, Setyoningrum, Agustin, Sari Arum.


'Rencananya kereta pak Jokowi akan naik kuda Agustin dan Sari Arum,' ujarnya.


Yang menarik, Agustin salah satu kuda yang akan dipakai Jokowi nanti tengah bunting tiga bulan. Tak hanya Agustin kuda yang akan dipakai Jokowi yang tengah bunting. Srikandi, kuda lainnya pun dalam keadaan bunting sembilan bulan.


Meski tengah bunting, Mudjiono memastikan kuda-kudanya itu kuat. Pasalnya, kuda miliknya itu sudah terbiasa mengikuti kirab atau karnaval budaya. Kedua kuda tersebut sudah terbiasa perjalanan jauh.


'Lah mau bagaimana lagi. Adanya cuma ini. Tapi biar begitu, kuda-kuda ini sangat kuat dan sudah terbiasa berjalan jauh. Pagi dimandikan dan dikasih tujuh butir telur bebek. Juga bawa persediaan pakan dan obat agar syaraf kuda tidak tegang ,'ungkapnya.



Untuk menghindari agar kuda-kuda miliknya ini tidak stres melakoni perjalanan jauh dari Solo menuju Jakarta, Mudjiono membawa pakan rumput yang cukup banyak. Termasuk persediaan rumput yang akan diberikan kepada kudanya selama di Jakarta nanti.


'Bawa rumput dan pakan lain yang biasa saya berikan kepada kuda saya ini biar tidak stres dan tetap fit,' pungkasnya. (ugo)


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kereta Jokowi Ditarik Dua Kuda Bunting - Okezone dengan judul Kereta Jokowi Ditarik Dua Kuda Bunting - Okezone. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/kereta-jokowi-ditarik-dua-kuda-bunting.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, October 19, 2014

Belum ada komentar untuk "Kereta Jokowi Ditarik Dua Kuda Bunting - Okezone"

Post a Comment