Kabar Jokowi

Posisi Jokowi-JK Disebut Bisa 'Terancam' - Detikcom

Erwin Dariyanto - detikNews



Jakarta - Barisan Koalisi Merah Putih Kamis (2/10/2014) dini hari tadi memenangkan pemilihan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat. Bendahara umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih sebagai Ketua DPR. Dia didamping empat wakil, yakni Fadli Zon (Gerindra), Agus Hermanto (Demokrat), Fahri Hamzah (PKS) dan Taufik Kurniawan (PAN).


Terpilihnya kubu Koalisi Merah Putih ini dipastikan akan mengancam posisi Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla. 'Mengancam dalam pengertian posisi saya kira tidak, mengancam dalam pengertian kebijakan pasti,' kata pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syamsuddin Haris saat berbincang dengan detikcom, Kamis (2/10/2014).


Kebijakan-kebijakan yang diajukan oleh Jokowi menurut Syamsuddin rentan diganggu oleh Koalisi Merah Putih yang saat ini mendominasi di parlemen. 'Gangguan biasanya dalam bentuk penggunaan hak politik DPR, seperti hak interpelasi, hak angket, dan sebagainya,' kata dia.


Namun ancaman dari parlemen itu bisa saja dihindari jika kubu Koalisi Indonesia Hebat yang mengusung Jokowi-JK bisa mengubah peta politik di DPR. Koalisi Indonesia Hebat yang beranggotakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura, dan Partai Nasional Demokrat bisa 'merangkul' partai di kubu lawan.


Misalnya, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat. 'Tentu ini ada konsekuensi logisnya dengan mempertimbangkan komposisi di kabinet,' kata Syamsuddin.


Saat ini kekuatan Koalisi Merah Putih menguasai separuh lebih di parlemen, yakni 352 kursi. Terdiri dari Golkar (91 kursi), Gerindra (73), PKS (40), PPP (39), PAN (48), dan Demokrat (61).


Sementara Koalisi Indonesia Hebat hanya menguasai 208 kursi yang terdiri dari; PDIP (109), PKB (47), NasDem (36), dan Hanura (16).


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di 'Reportase Malam' pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(erd/try)



Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu


Lapsus



Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Posisi Jokowi-JK Disebut Bisa Terancam - Detikcom dengan judul Posisi Jokowi-JK Disebut Bisa 'Terancam' - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/posisi-jokowi-jk-disebut-bisa-detikcom.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, October 2, 2014

Belum ada komentar untuk "Posisi Jokowi-JK Disebut Bisa 'Terancam' - Detikcom"

Post a Comment