Kabar Jokowi

Terimalah Papua, Pak Jokowi...


http://ift.tt/1pdJusf WIDIANTORO Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli keladi dari pedagang di Pasar Baru Sentani, Jayapura, Papua, Kamis (5/6/2014). Pasar Baru Sentani menjadi tempat pertamanya memulai rangkaian kampanye pilpres di kawasan ujung timur Indonesia.


JAKARTA, KABARJOKOWI.BLOGSPOT.COM.com - Presiden terpilih Joko Widodo mendapatkan sebuah noken hijau yang dikalungkan di lehernya, Rabu (6/8/2014) siang. Di dalam noken itu terdapat sejumlah barang, di antaranya batik Papua, koteka, serta cakar kuskus. 'Terimalah noken ini, Pak Jokowi. Di dalam noken ini terdapat penderitaan, kesengsaraan sekaligus harapan warga Papua. Terimalah Papua, Pak Jokowi,' ujar Ketua Papuan Brotherhood Silas Natkime, sambil mengalungkan noken itu ke leher Jokowi, di Balaikota, Jakarta. Jokowi menerimanya dengan tersenyum lebar. 'Terima kasih Pak, terima kasih,' jawab Jokowi.Gubernur DKI Jakarta itu sempat terkejut saat melihat ada cakar kuskus menyembul keluar dari noken itu. Menurut Silas, batik Papua itu melambangkan penderitaan warga Papua dalam meraih kesejahteraan sosial. Koteka melambangkan kesengsaraan. Sementara, cakar kuskus melambangkan harapan kepada Jokowi agar berani memajukan bumi Papua. 'Pikul lah seluruh yang ada dari warga Papua. Orang Papua harus sejahtera. Kami percaya kepada Jokowi,' lanjut Silas. Silas dan enam warga Papua terbang ke Jakarta hanya untuk bertemu Joko Widodo. Mereka tergabung dalam jaringan warga Papua bernama Papuan Brotherhood. Anggotanya terdiri dari banyak unsur warga, baik pekerja PT Freeport, lembaga swadaya masyarakat, masyarakat adat, hingga warga biasa. 'Dan pagi ini Pak Jokowi menepati janjinya. Jam 08.00 WIB dia suruh kami masuk. Kami bicara banyak,' ujar Silas. Isi pertemuanJuru bicara Papuan Brotherhood Ramses Wally mengisahkan, pertemuan dengan Jokowi berlangsung sekitar 1 jam. Dalam pertemuan itu, mereka berbincang banyak hal, di antaranya soal komitmen Jokowi untuk membangun Papua. 'Pak Jokowi tidak janjikan apa-apa kepada kami. Dia hanya bilang 100 hari kerja pertama, ia akan menginjak Papua, melihat kondisi di sana dari dekat,' ujar Ramses usai pertemuan. Setidaknya, lanjut Ramses, terdapat dua poin persoalan yang masih dirasakan masyarakat Papua. Pertama, soal otonomi daerah yang belum maksimal sehingga pembangunan pun tidak merata. Kedua, harga barang yang tinggi di sejumlah wilayah terpencil Papua. Ramses mengatakan, masyarakat Papua masih jauh tertinggal dari daerah lain di Indonesia. Sudah demikian, perhatian pemerintah atas wilayah itu sangatlah kurang. Mendatangi dan melihat langsung apa yang terjadi di sana, kata Ramses, sangat berarti bagi masyarakat Papua. 'Kami percaya Pak Jokowi bisa bantu. Kami sangat ingat dia bilang kenapa kampanye yang pertama dilakukan di Papua, karena di sinilah tempat matahari terbit. Segala sesuatu dimulai dari matahari terbit,' lanjut dia. Saat ditanya soal komitmennya membangun Papua, Jokowi mengatakan, ia akan membangun infrastruktur transportasi, baik untuk orang atau barang. Selain itu, Jokowi juga ingin mewujudkan pelayananan akan kebutuhan dasar, misalnya pelayanan kesehatan dan pendidikan. 'Tidak hanya di Papua. Di seluruh Indonesia,' ujar Jokowi.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pak Jokowi... / Terimalah Papua dengan judul Terimalah Papua, Pak Jokowi.... Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/08/terimalah-papua-pak-jokowi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, August 7, 2014

Belum ada komentar untuk "Terimalah Papua, Pak Jokowi..."

Post a Comment