Kabar Jokowi

Pelantikan Jokowi, Ini Pengalihan Arus Kendaraan - Tempo Interaktif

Jum'at, 17 Oktober 2014 | 09:52 WIB



Sebuah foto karya dari Rika Panda seorang fotografer lepas saat pasangan Jokowi-Jk berkampanye pada 5 Juli 2014, yang dipenuhi oleh ratusan pendukung serta relawan yang hadir. Dimana salah satu foto ini merupakan salah satu karya yang akan dipamerkan pada 'Pameran Fotografi dan Peluncuran Buku 'Musik u/ Demokrasi'.


TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polisi Daerah Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budyanto mengatakan polisi akan menutup sejumlah ruas jalan Ibu Kota dalam acara pelantikan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). 'Sejauh ini pengalihan arus kendaraan, terutama yang mengarah ke DPR, masih bersifat buka-tutup,' kata dia kepada Tempo, Jumat, 17 Oktober 2014. Penutupan sejumlah ruas jalan, kata Budyanto, dilakukan jika kondisinya dinilai sudah padat. Penutupan ruas jalan ini bersifat kondisional. Misalnya, saat acara pelantikan presiden, arus lalu lintas dari Cawang akan dialihkan di Bundaran Semanggi menuju Jalan Asia Afrika dan Jalan Pakubowono. (Baca: Sambut Jokowi, Bakso Gratis Disediakan di Monas) Selain itu, pengendara dari selatan yang hendak menuju Jakarta Pusat akan dikondisikan menuju Jalan Gerbang Pemuda, menaiki jalan layang, menuju arah Cawang. Sedangkan pengendara dari arah selatan yang mengarah ke DPR bakal dilarang belok kiri di Bundaran Semanggi. Kendaraan itu akan diluruskan menuju Thamrin. Sama seperti dari arah selatan, arah utara yang berbelok di Bundaran Semanggi menuju gedung DPR akan diblokade. Kendaraan dari utara akan diluruskan menuju Sudirman. Sementara arus lalu lintas dari arah Tanah Abang (Jalan Aipda K.S. Tubun) akan dihalau di Jalan Palmerah untuk dialihkan menuju Permata Hijau. 'Pokoknya kami akan menghindarkan arus lalu lintas dari gedung DPR,' kata Budyanto. (Baca: Jokowi Dilantik,45 Kampung di Yogya Gelar Syukuran) Beberapa titik seperti Bundaran Semanggi dan Kuningan diprediksi akan mengalami kemacetan. Jika Bundaran Semanggi padat, polisi akan mengalihkan laju kendaraan menuju Bunderan Senayan dan Sisingamangaraja. Begitu pula jika Kuningan terpantau padat, maka polisi akan mengalihkannya dengan skema serupa. Kemudian, saat acara pesta rakyat Jokowi setelah pelantikan, polisi akan mengosongkan arus lalu lintas dari DPR-Bundaran Semanggi-Bundaran HI. Kendaraan dari arah Bundaran Semanggi akan dibelokkan ke bawah menuju kawasan Dukuh Atas. Adapun kendaraan dari arah utara akan dialihkan di Bundaran HI menuju Jalan Sutan Sjahrir. (Baca: Slank Sudah Siapkan Lagu Salam 3 Jari) Budyanto mengimbau agar masyarakat yang tak berkepentingan tidak membawa kendaraan ke luar rumah. Atau sebaiknya pengendara menghindari Jalan Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto, HR Rasuna Said, Otista, dan Ahmad Yani. 'Di ruas jalan itu sudah dipastikan macet,' katanya. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Restu Mulya Budianto mengatakan pemblokadean jalan akan bersifat situasional. 'Pada hari H, polisi pasti melihat kondisi perkembangan lalu lintas,' ujarnya. Dia mengimbau agar masyarakat yang ingin ikut merayakan pelantikan Jokowi dapat merayakannya di lokasi perumahan saja. 'Masyarakat sebenarnya tahu Jakarta bakal macet, maka lebih baik merayakannya dengan menonton pelantikan di rumah,' kata Restu.Baca juga:


Menjelang Lengser, Dahlan Iskan Kampanye IPO BUMNWanita Kristen Pakistan Terancam Hukuman MatiISIS Peringatkan Ancaman Perang Teluk KetigaArak-arakan Jokowi, Karyawan Pulang Cepat Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ini Pengalihan Arus Kendaraan - Tempo Interaktif / Pelantikan Jokowi dengan judul Pelantikan Jokowi, Ini Pengalihan Arus Kendaraan - Tempo Interaktif. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/10/pelantikan-jokowi-ini-pengalihan-arus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Friday, October 17, 2014

Belum ada komentar untuk "Pelantikan Jokowi, Ini Pengalihan Arus Kendaraan - Tempo Interaktif"

Post a Comment