Kabar Jokowi

Prabowo angkat ekonomi desa, Jokowi angkat tol laut


Calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto memaparkan visi ekonomi mereka dalam debat capres yang diselenggarakan KPU pada Minggu (15/06) malam.


Calon Presiden Joko Widodo mendapatkan kesempatan pertama menyatakan pembangunan ekonomi yang akan dilakukan akan memfokuskan pada peningkatan daya saing ekonomi menegah dan kecil.


Pembangunan koperasi, UMKM, pasar tradisional, pertanian dan ekonomi maritim dan industrinya, pembangunan yang dimulai dari daerah dan desa dan infrastruktur, ini yang kami maksud yang akan membuat rakyat sejahtera, kata Jokowi.


Sementara capres Prabowo Subianto menyebutkan akan membangun ekonomi kerakyatan dengan fokus pada pembangunan pedesaan.


'Kita ingin alirkan dana dari ibukota turun ke desa, saya telah menandatangi deklarasi jika saya mendapatkan mandat dari desa, saya akan alokasikan satu milliar rupiah minimal satu tahun untuk satu desa di Indonesia,' jelas Prabowo.


Dalam sesi pertanyaan Jokowi mempertanyakan persamaan program tersebut dengan UU Desa, dan Prabowo menyatakan telah memiliki program tersebut sebelum UU Desa di sahkan.


Dalam debat capres tersebut, Jokowi memaparkan pentingnya pembangunan tol laut yang akan mengurangi kesenjangan ekonomi di bagian barat dan timur Indonesia.


'Kalau tol laut ini kita bangun deep sea port kita bangun di Sumatera, Jawa, kita bangun di Kalimantan Sulawesi, Papua, ini akan memberikan rasa keadilan karena nantinya harga semen di Sumatera, Jawa dan Kalimantan itu akan sama karena kita negara maritim dan laut tidak diberikan perhatian,' jelas Jokowi.


Visi capres mirip

Dalam debat capres Prabowo juga menyatakan akan memanfaatkan hutan yang rusak, untuk membuka lahan baru dan juga lapangan kerja.


'Sebagian dari hutan yang rusak itu kita ubah jadi hutan produksi jadi sawah baru targetnya adalah dua juta hektar sawah baru, ditambah dua juta hektar untuk bioethanol, kita bisa bayangkan empat juta hektar akan ada 24 juta orang bekerja per tahun, itu jawaban kami terhadap masalah kemiskinan,' jelas Prabowo.


Pengamat ekonomi dari Indef, Fadhil Hasan menyebutkan kedua capres, disebutkan sama-sama mengusung ekonomi kerakyatan, hanya saja yang membedakan adalah bagaimana pelaksanaannya.


Kalau dari visi misi itu lebih banyak persamaannya dibandingkan perbedaannya, saya kira yang akan terpilih itu persoalan ekonomi kita itu kita masih membutuhkan investasi luar negeri, nanti yang membedakannya mungkin adalah di pendekatannya dan juga prioritasnya.


Fadhil mengatakan tantangan bagi presiden terpilih nanti adalah masalah infrastuktur, ketahanan pangan dan energi, dan subsidi.


Untuk membangun ekonomi, Fadhil mengatakan presiden terpilih nanti harus berani mengalihkan subsidi energi kepada kegiatan ekonomi yang lebih produktif. Misalnya dengan diversifikasi energi dengan memanfaatkan energi diluar fosil dan juga membantu menjaga daya beli masyarakat miskin.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi angkat tol laut / Prabowo angkat ekonomi desa dengan judul Prabowo angkat ekonomi desa, Jokowi angkat tol laut. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/06/prabowo-angkat-ekonomi-desa-jokowi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, June 15, 2014

Belum ada komentar untuk "Prabowo angkat ekonomi desa, Jokowi angkat tol laut"

Post a Comment