Kabar Jokowi

Survei: 2 Pekan Sebelum Pencoblosan, Jokowi


Jakarta - Survey terbaru yang diadakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) menunjukkan kemenangan Jokowi-JK tak terbendung.


Jokowi-JK tetap mengungguli Prabowo-Hatta dengat jarak yang signifikan, kendati Prabowo-Hatta mengalami peningkatan. Namun demikian, pemilih yang masih 'galau' jumlahnya masih sangat besar, sehingga masih bisa mengubah konstelasi persaingan menuju Medan Merdeka Utara.


Survei LIPI yang dirilis tanggal Kamis 26 Juni 2014 menyimpulkan, elektabilitas Jokowi-JK sebesar 43%, sedang elektabilitas Prabowo-Hatta sebesar 34%. Atau terpaut 9%. Namun, pemilih yang belum menentukan sebesar 23%.


Survei yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini menggunakan metod multistake random sampling. Responden survei ini sebanyak 790 orang, di 17 propinsi dengan margin of error 3,51% dan tingkat kepercayaan 95%. Data diambil dari 5 hingga 24 Juni 2014.


Sementara, menurut survey LSI terbaru, elektabilitas Jokowi-JK sebesar 45% sedangkan elektabilitas Prabowo-Hatta 38,7%. Atau terpaut 6,3%. Sementara itu, pemilih yang belum menentukan sebesar 16%. Survei ini dilakukan tanggal 1 sampai 9 Juni 2014 di 33 propinsi dengan dengan metode multi-stage random sampling. Margin of error survey ini 2%, dengan tingkat kepercayaan 95%.


Dari kedua survey tersebut menunjukkan Jokowi-JK masih kokoh menjelang masa akhir kampanye. Walaupun banyak fitnah dan kampanye hitam yang diarahkan terhadap Jokowi, hal ini nampaknya hanya sedikit pengaruhnya kepada pemilih. (skj)


(Advertorial) Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori JOKOWI / Survei: 2 Pekan Sebelum Pencoblosan dengan judul Survei: 2 Pekan Sebelum Pencoblosan, Jokowi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/06/survei-2-pekan-sebelum-pencoblosan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, June 28, 2014

Belum ada komentar untuk "Survei: 2 Pekan Sebelum Pencoblosan, Jokowi"

Post a Comment