Kabar Jokowi

Jokowi Dinilai Tak Mampu Kontrol Partai Politik, Termasuk PDI-P - KOMPAS.com


TRIBUNNEWS/HERUDIN Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei mengenai split ticket voting dan karakteristik personal capres memengaruhi massa pemilih, di kantor Indikator Jakarta Pusat, Selasa (13/5/2014). Hasil survei menunjukkan elektabilitas capres PDI Perjuangan , Joko Widodo, masih yang tertinggi mengungguli pesaing terberatnya, Prabowo Subianto. Tingkat keterpilihan capres PDI-P itu sebesar 31,8 persen. Sementara pesaing terberatnya, Prabowo Subianto, tingkat keterpilihannya terpaut agak jauh, yakni hanya 19,8 persen.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai, Presiden Joko Widodo tak mampu mengontrol partai politik yang tergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan, Koalisi Indonesia Hebat. Bahkan, menurut Burhanuddin, Jokowi juga tak mampu mengontrol partai asalnya, PDI Perjuangan. 'Tidak ada satu pun partai yang dapat dikontrol oleh Jokowi. Sekali pun PDI-P, yang ngontrol bukan Jokowi, tapi pemilik kontrakannya, Megawati. Kalau Jokowi cuma ngontrak saja,' ujar Burhanuddin, seusai mengisi diskusi di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (8/12/2014).Ia mencontohkan, dalam pemilihan dan penempatan menteri-menteri dalam Kabinet Kerja. Dengan posisinya di PDI-P hanya sebagai kader biasa, hal ini memengaruhi ruang gerak Jokowi. Menurut Burhanuddin, realitas politik membuat Jokowi susah melakukan manuver.' Placing menteri dalam kabinet, Presiden sesuci apa pun dia tidak bisa mengabaikan partai politik. Bidang hukum diisi orang parpol itu mengenaskan. Ini tantangan Jokowi, berhadapan dengan parpol, termasuk pendukungnya sendiri,' kata Burhanuddin. Di sisi lain, menurut Burhan, partai politik seringkali menjadi penyokong terjadinya praktek korupsi. Oleh karena itu, dia berharap Jokowi memiliki keberanian untuk melakukan kontrol terhadap partai politik, terutama partai-partai pendukung pemerintah.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi Dinilai Tak Mampu Kontrol Partai Politik / Termasuk PDI-P - KOMPAS.com dengan judul Jokowi Dinilai Tak Mampu Kontrol Partai Politik, Termasuk PDI-P - KOMPAS.com. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/12/jokowi-dinilai-tak-mampu-kontrol-partai.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Monday, December 8, 2014

Belum ada komentar untuk "Jokowi Dinilai Tak Mampu Kontrol Partai Politik, Termasuk PDI-P - KOMPAS.com"

Post a Comment