Kabar Jokowi

Jokowi Pilih Menkeu Konservatif, tapi Ekspansif

Jum'at, 19 September 2014 | 07:41 WIB



Jokowi bicara kepada kepala tim transisi Rini MS Suwandi, usai bacakan susunan kabinetnya, di Kantor Transisi Jokowi-JK, Jakarta, 15 September 2014. TEMPO/Imam Sukamto


KABARJOKOWI.BLOGSPOT.COM, Jakarta - Deputi Tim Transisi, Andi Widjajanto, mengatakan kriteria Menteri Keuangan kabinet presiden terpilih Jokowi, dilihat dari karakter dalam mengelola ruang fiskal dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 'Karakter konservatif atau ekspansif dalam mengelola ruang fiskal di dalam ABPN menjadi acuan dalam memilih menteri keuangan,' ujar Andi di kantor Tim Transisi, di Jakarta, Kamis, 18 September 2014. (Baca: Jadi Menteri Jokowi, Gerindra: Insya Allah Kami Tolak)Andi mengatakan, menteri keuangan akan memerlukan pendekatan konservatif atau ekspansif dalam mengelola APBN ke depan. 'Kalau karakter konservatif biasanya berasal dari kalangan akademisi, sedangkan ekspansif berasal dari kalangan pengusaha,' ujarnya. (Baca: Kalla: Tak Ada Jatah Menteri untuk Koalisi Merah Putih)Andi mengatakan selain karakter mengelola ruang fiskal, kompetensi dan integritas juga akan jadi penilaian Jokowi memilih menteri. 'Selain karakter, tentu saja kompetensi, integritas menjadi penentu Pak Jokowi menentukan menteri keuangannya,' ujarnya. (Baca: Perubahan Kementerian Butuh Dana Miliaran Rupiah)Andi mengatakan kriteria tersebut sedang dibahas secara mendalam oleh Jokowi sebelum memutuskan kandidat yang akan mengisi menterinya. 'Sudah mengerucut 200 nama dari profesional untuk posisi 18 pos kementerian yang sedang dibahas oleh pak Jokowi sendiri,' ujarnya. (Baca: Demokrat Merapat, JK Siapkan Kursi di Kabinet)Sebelumnya, Jokowi mengatakan kabinetnya akan diisi oleh 18 orang dari kalangan profesional dan 16 dari profesional partai. 'Kementerian yang diisi kalangan profesional seperti Menteri Keuangan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Kementerian Pertanian,' kata Jokowi.AMOS SIMANUNGKALITTopik terhangat:Koalisi Jokowi-JK | Ahok dan Gerindra | Pilkada oleh DPRD | IIMS 2014Berita terpopuler lainnya:Nikah Beda Agama, Ini Kata Menteri AgamaMobil Jakarta Dilarang ke Bogor, Ahok Temui BimaJokowi Disebut Ingkar Janji, Ini Pembelaan RuhutRisma: Menteri Apa? Menteri Urusan Lokalisasi?


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi Pilih Menkeu Konservatif / tapi Ekspansif dengan judul Jokowi Pilih Menkeu Konservatif, tapi Ekspansif. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/09/jokowi-pilih-menkeu-konservatif-tapi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, September 18, 2014

Belum ada komentar untuk "Jokowi Pilih Menkeu Konservatif, tapi Ekspansif"

Post a Comment