Kabar Jokowi

KPK Siap Telusuri Rekam Jejak Calon Menteri Jokowi


Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menelusuri rekam jejak (track record) calon menteri pilihan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK). Termasuk menelurusi kekayaan calon menteri tersebut.


Kesiapan itu disampaikan Juru Bicara KPK, Johan Budi, Minggu (21/9/2014). Namun, KPK sejauh ini belum menerima permintaan tersebut dari pihak Jokowi-JK.


'Belum ada permintaan sampai saat ini, tapi KPK siap,' kata Johan Budi.


Menurut Johan, pihaknya siap melakukan hal itu bila memang telah ada permintaan, termasuk siapa-siapa saja nama kandidat menterinya. Dari situ, KPK akan memberikan paparan apakah kandidat itu masuk dalam kategori 'bersih' atau tidak.


'Harus dilihat dulu kandidatnya siapa, KPK bisa mengatakan misalnya orang ini pernah diperiksa untuk kasus apa,' ujarnya.


KPK, kata Johan, berharap Jokowi-JK dapat menepati janji-janjinya terkait langkah mendukung pemberantasan korupsi. Hal itu mengemuka lantaran saat ini marak 'obral' pemberian Pembebasan Bersyarat maupun remisi terhadap pelaku tindak pidana korupsi oleh Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM. Padahal, hal itu tak sejalan dengan upaya pro pemberantasan korupsi.


'Kami akan tagih apakah presiden baru menjalankan apa yang dijanjikan dalam kampanye-kampanyenya. Tidak sekedar (mengimbau) Menkumham tapi presiden baru,' imbuhnya.


Sebelumnya, Jokowi akan meminta lembaga berwenang menelusuri kekayaan calon menterinya. Pihaknya mengaku telah meminta secara khusus kepada KPK dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) menelusuri asal harta calon menterinya.


Permintaan itu ditenggarai buntut kekhawatiran Jokowi lantaran marak pejabat dan menteri yang terjerat kasus korupsi. Dengan cara seperti itu, Jokowi berharap bisa mencegah ada praktik korupsi yang kini marak terjadi.


'Dicek kantongnya ada berapa, lewat KPK, PPATK. Meskipun itu tidak menjamin, sekarang kamu baik banget, tetapi sering digoda jadi tidak baik. Karena itu, sistem itu yang harus diperbaiki,' kata Jokowi beberapa waktu lalu.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KPK Siap Telusuri Rekam Jejak Calon Menteri Jokowi dengan judul KPK Siap Telusuri Rekam Jejak Calon Menteri Jokowi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/09/kpk-siap-telusuri-rekam-jejak-calon.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, September 21, 2014

Belum ada komentar untuk "KPK Siap Telusuri Rekam Jejak Calon Menteri Jokowi"

Post a Comment