Kabar Jokowi

Pulang Lawatan Perdana, Jokowi Urus Pelantikan Ahok Jadi ... - KOMPAS.com


Instagram @basukibtp Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengantar Presiden Jokowi ke Istana, Rabu (22/10/2014).


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Tanah Air dari lawatan perdana kunjungan kerja ke luar negeri selama sembilan hari, Minggu (16/11/2014) malam. [Baca: Seusai Lawatan ke Luar Negeri, Presiden Jokowi Tiba di Jakarta]Setibanya di Indonesia, Presiden Jokowi pun berjanji segera mengurus pelantikan Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hal itu disampaikan oleh Basuki atau Ahok yang turut menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Negara, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.'Tadi Pak Presiden hanya tanya sampai mana surat (rekomendasi pelantikan), saya bilang saja 'tinggal Bapak Mendagri yang kirim suratnya ke Mensesneg dan tinggal Bapak (Jokowi) tandatangani, waktunya pelantikan kapan terserah Pak Presiden',' kata Basuki seraya menirukan ucapannya kepada Jokowi. [Baca: Ahok Akan Jadi Kepala Daerah Pertama yang Dilantik Presiden]'Beliau bilang, besok akan urus (tandatangani Keppres Pelantikan) dan besok ketemu menteri-menterinya. Itu aja sih,' kata Basuki lagi. Ia pun belum bisa memastikan kapan akan dilantik menjadi Gubernur DKI. Semuanya tergantung penerbitan Keppres oleh Jokowi. Presiden Jokowi rencananya bakal langsung melantik Basuki sebagai Gubernur DKI. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Udang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala daerah. Dalam Pasal 163 Perppu Pilkada mengatur bahwa Gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota negara. Apabila Presiden berhalangan, pelantikan Gubernur dilakukan oleh Wakil Presiden. Dan jika Wakil Presiden berhalangan pula, maka Menteri Dalam Negeri yang akan melantik Basuki menjadi Gubernur DKI Jakarta. [Baca: Pelantikan Ahok Jadi Gubernur DKI Belum Pasti 18 November, Mengapa?] 'Menurut Perppu itu, seluruh Gubernur di Indonesia dilantik oleh Presiden, lokasi pelantikannya di Ibu Kota. Kebetulan saya (gubernur) yang pertama (dilantik -- setelah ada Perppu),' kata Basuki. Berdasarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 203 tentang Pilkada, wakil kepala daerah berhak mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh kepala daerah. Maka Basuki berhak menjadi kepala daerah menggantikan Jokowi hingga akhir masa jabatan, pada 2017 mendatang.Selain Basuki, tampak beberapa menteri juga hadir menyambut kedatangan Jokowi. Yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menko Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno. Lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi, Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Marciano Norman, dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi Urus Pelantikan Ahok Jadi ... - KOMPAS.com / Pulang Lawatan Perdana dengan judul Pulang Lawatan Perdana, Jokowi Urus Pelantikan Ahok Jadi ... - KOMPAS.com. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/pulang-lawatan-perdana-jokowi-urus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, November 16, 2014

Belum ada komentar untuk "Pulang Lawatan Perdana, Jokowi Urus Pelantikan Ahok Jadi ... - KOMPAS.com"

Post a Comment