Kabar Jokowi

Mahendra Siregar: Obama Sebut Pidato Jokowi di G-20 Konkret - Detikcom

Laporan dari Brisbane

Rachmadin Ismail - detikNews



Jokowi di acara KTT-G20 (Foto:Madin/detikcom)



Jakarta - Presiden Joko Widodo bicara untuk pertama kali di forum retreat para pemimpin negara G-20. Ada beberapa hal yang disampaikan, mulai dari pengalaman membangun Solo dan DKI hingga rencana perbaikan birokrasi. Presiden Amerika Serikat Barack Obama rupanya memberikan respons. Apa itu?


Mahendra Siregar selaku pejabat pemangku kepentingan di forum tersebut mengatakan, pidato Jokowi di forum G-20 dilakukan setelah PM India Narendra Modi. Keduanya berurutan karena dianggap memiliki kesamaan, terutama karena memulai karier politiknya dari bawah. Mereka juga dikenal dengan rakyatnya.


'PM India latar belakangnya mantan gubernur Gujarat. Sementara presiden mantan wali kota solo dan gubernur DKI. Mereka menjadi pemimpin negara India dan Indonesia dipilih karena latar belakang prestasi kinerjanya beroritentasi pada kebijakan dan langkah-langkah yang sifatnya reformis,' kata Mahendra di hotel Pullman, Brisbane, Australia, Sabtu (15/11/2014).


Sebelum pidato, PM Australia Tony Abbott sempat memberikan latar belakang betapa pentingnya Jokowi menyampaikan soal reformasi birokrasi. Ternyata, setelah Jokowi pidato, Obama pun memberikan tanggapan.


'Juga ada rujukan langsung dari Presiden Obama yang melihat Indonesia melakukan langkah-langkah konkret untuk mengatasi ketimpangan pendapatan karena Presiden Obama mengingatkan persoalan ketimpangan pendapatan bisa menyebabkan perubahan terhadap perekenomian pertumbuhan ekonomi dan terhadap konteks integrasi ekonomi global yang sulit. Hal tadi secara politis akan mempengaruhi seberapa besar dukungan atau tantangan dari dalam negeri terhadap agenda internasional,' papar mantan kepala BKPM ini.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di 'Reportase Malam' pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(mad/ear)



Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu



Lapsus



Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Mahendra Siregar: Obama Sebut Pidato Jokowi di G-20 Konkret - Detikcom dengan judul Mahendra Siregar: Obama Sebut Pidato Jokowi di G-20 Konkret - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/mahendra-siregar-obama-sebut-pidato.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, November 16, 2014

Belum ada komentar untuk "Mahendra Siregar: Obama Sebut Pidato Jokowi di G-20 Konkret - Detikcom"

Post a Comment