Kabar Jokowi

Jokowi Emoh Posisi Menteri ESDM Dijabat Wajah Lama


Warta Kota/henry lopulalan




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Indonesia Publik Institut, Karyono Wibowo mengapresiasi pernyataan presiden terpilih Joko Widodo soal posisi Menteri ESDM di kabinetnya akan diisi orang muda, profesional, memiliki kemampuan dan berpengalaman dibidang energi.


Menurutnya, hal itu merupakan sinyal bahwa Jokowi menginginkan pembaruan dan perubahan paradigma tentang tata kelola energi.


'Pernyataan tersebut juga mengisyaratkan Jokowi tak menginginkan wajah lama untuk menduduki jabatan menteri ESDM. Keinginan Jokowi tersebut layak diapresiasi karena keberaniannya membuat gagasan perubahan demi mewujudkan kedaulatan energi,' kata Karyono kepada wartawan, Minggu (7/9/2014).


Namun, menurutnya hal yang terpenting bukan sekadar membangun paradigma baru, sistem baru dan orang baru dalam mengelola sumber daya mineral dan energi.


'Yang terpenting adalah bagaimana Jokowi memilih orang yang bersih dari korupsi, nepotisme dan steril dari jaringan mafia. Karena informasi yang beredar bagaimana kuatnya kelompok Ari Soemarno-JK dan satu sisi lobby jaringan Raden Priyono, matan kepala BP Migas, berkeinginan menguasai sektor Energi, patut di waspada oleh Jokowi dan PDIP,' jelasnya.


Dikatakan Karyono, Jokowi jangan sampai hanya menginginkan pergantian sistem baru. Tak menjamin tindakan korupsi akan terulang jika orang baru, tetapi perilakunya sama saja dengan yg lama.


'Atau jangan sampai terjadi hanya memangkas jaringan mafia lama tapi memunculkan jaringan mafia baru. Saya berharap, gagasan perubahan Jokowi tak berhenti sebatas retorika. Jokowi harus mewujudkan visi kedaulatan energi, membersihkan mafia Migas,' lanjutnya.


Lebih lanjut Karyono tak memungkiri, bahwa tantangan membenahi sektor energi sangat berat. Menurutnya, mmberantas mafia migas memang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan.


'Pasalnya, jaringan mafia di sektor migas hulu hingga hilir sudah menggurita, kebocoran subsidi BBM, luar biasa hingga 30 persen. Ibarat penyakit, jaringan mafia ini ibarat sel kanker yang menyebar dan menggeroti tubuh manusia. Para mafia bergerak secara sistemik. Karenanya, cara memberantas mafia tak cukup sekadar kata-kata, tapi harus dengan cara sitemik pula,' kata Karyono.


Karyono berharap, Jokowi harus merombak institusi-institusi fundamental di sektor energi, seperti Kementerian ESDM, Pertamina dan SKK Migas.


'Janji jokowi untuk membentuk kabinet profesional yang bersih harus on the track, karena rakyat menunggu janji itu. Maka perlu tindakan konkrit untuk mewujudkan visi misi dan janji-janji Jokowi,' ujarnya.


Seperti diketahui, presiden terpilih Joko Widodo mulai mempersiapkan susunan kabinet untuk pemerintahan lima tahun mendatang.


Secara khusus Jokowi mewajibkan kepada menterinya untuk bisa memberantas mafia minyak dan gas yang selama ini masih beroperasi di Indonesia demi terciptanya negara yang maju.


'Jangan sampai yang nanti dijadikan menteri malah ikut menjadi mafia di situ. Oleh sebab itu, menteri itu harus memiliki karakter yang kuat, berani memutuskan, berani benturan, mampu manajerial dan juga jujur. Tidak pintar tidak apa-apa,' kata Jokowi, Selasa (2/9/2014).


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi Emoh Posisi Menteri ESDM Dijabat Wajah Lama dengan judul Jokowi Emoh Posisi Menteri ESDM Dijabat Wajah Lama. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/09/jokowi-emoh-posisi-menteri-esdm-dijabat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, September 7, 2014

Belum ada komentar untuk "Jokowi Emoh Posisi Menteri ESDM Dijabat Wajah Lama"

Post a Comment