Kabar Jokowi

Ada Kabar Presiden Jokowi Panen Padi Bikin Pejabat Sidrap Bingung - Tribunnews


Tribun Medan/Dedy Sinuhaji




TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Presiden RI Joko Widodo (52), Rabu (5/11/2014) lusa, dijadwalkan berkunjung ke Dusun Bendoro, Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidenreng Rappang.


Di kampung pesawahan terbesar di kabupaten yang berjarak sekitar 195 km sebelah tenggara Makassar itu, presiden ketujuh itu, diagendakan meletakkan batu pertama proyek irigasi teknis persawahan Bendoro-Belawa (Wajo), sepanjang 2,2 km.


Tak jauh dari desa ini juga, 22 Februari 2014 lalu, Presiden ke6, Susilo Bambang Yudhyono (SBY) bersama 6 menterinya, panen padi di Kelurahan Kajuara, Watang Sidenreng, yang digarap Kelompok Tani Latappareng seluas 120 hA.


Sidrap adalah kabupaten pertama di Indonesia timur dan pulau Sulawesi, yang dikunjungi Jokowi, sejak resmi dilantik jadi presiden 13 hari, 20 Oktober 2014 lalu. Selain ke Sidrap, Jokowi juga dijadwalkan ke Mamuju Sulawesi Barat, dan Kendari, Sulawesi Tenggara. Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta, Kamis (6/11/2014) mendatang.


Sejatinya, pihak kementerian pertanian dan otoritas pangan di Sulsel, sudah mengagendakan lawatan Jokowi di hari Pangan Sedunia level nasional di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mariso, di pantai barat Makassar.


Hanya saja, hingga Minggu (2/11) kemarin, sejumlah pemangku kepentingan sektor pertanian, administratif, dan protokoler pengamanan di Jakarta, Makassar, dan Sidrap, sudah mengkonfirmasikan lawatan dinas presiden tak ada agenda ke Makassar.


Menteri Pertanian dan Ketahanan Pangan Amran Sulaiman (48), kepada Tribun, mengkonfirmasikan kunjungan perdana presiden ke timur Indonesia ini. 'Begitu konfirmasi Istana, tapi jadwal itu masih tentatif, yaa' kata menteri kelahiran Bone itu.


Amran adalah salah satu menteri otoritatif bidang pangan yang akan mendampingi Jokowi. 2-3 menteri terkait juga ikut dalam rombongan presiden. Kunjungan mendampingi Jokowi, juga akan jadi bersejarah bagi Amran. Inilah kali pertama dia 'pulang kampung' sejak diumumkan jadi menteri, Minggu (26/10/2014) di Istana Negara.


Dari Makassar, Bupati Sidrap Rusdi Masse (41), juga membenarkan rencana penyambutan presiden usungan PDIP dan empat koalisi partai lainnya. 'Ini sebuah kehormatan dan kebanggaan khusus,' kata Rusdi yang juga Ketua DPD Golkar Sidrap inim kemarin.


Senin hari ini, sejumlah pejabat otoritatif di Sidrap, Makassar, dan Mamuju, dijadwalkan mengikuti rapat teknis bersama Kodam VII/Wirabuana, pihak pemprov di Makodam VII/Wrb, Jl Urip Sumiharjo, Makassar.


'Ada undangan resmi kami akan ikuti rapat koordinasi di Kodam. Semua unsur pimpinan SKPD akan kami ajak untuk ikut dalam rapat ini, termasuk Kepala Dinas Pertanian, dan instansi terkait,' kata Sekretaris Kabupaten Sidrap M Ruslan.


Hanya saja, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Sidrap, Amiruddin Syam, sempat mengaku bingung saat dikonfirmasi soal kepastian kedatangan Jokowi ke Bendoro. 'Bagaimana mungkin Pak Jokowi akan panen padi, sementara di Sidrap saat ini sudah tidak ada lagi tanaman padi. Semua padi sudah dipanen dan petani bersiap menanam lagi,' ujar Amiruddin.


Amiruddin juga meluruskan rencana kedatangan Jokowi di Sidrap, bukan untuk meresmikan irigasi. 'Bukan meresmikan, tapi menghadiri peletakan batu pertama rencana pembangunan irigasi sepanjang 2.200 kilometer di Bendoro.


Komandan Kodim (Dandim) 1420 Sidrap, Letkol Kaf Husnidzon, juga membenarkan. 'Benar Informasinya seperti itu. Tapi belum ada konfirmasi resminya. Bagaimana penyambutannya, dan proses pengamanannya, termasuk berapa jumlah personil yang diturunkan, besok baru akan dibahas di Makassar,' kata Huznidzon.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Ada Kabar Presiden Jokowi Panen Padi Bikin Pejabat Sidrap Bingung - Tribunnews dengan judul Ada Kabar Presiden Jokowi Panen Padi Bikin Pejabat Sidrap Bingung - Tribunnews. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/ada-kabar-presiden-jokowi-panen-padi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, November 2, 2014

Belum ada komentar untuk "Ada Kabar Presiden Jokowi Panen Padi Bikin Pejabat Sidrap Bingung - Tribunnews"

Post a Comment