Kabar Jokowi

Obama akan Bertemu Jokowi di KTT APEC China, Apa yang ... - Detikcom

Nograhany Widhi K - detikNews



Direktur AMINEF Alan Feinstein (kiri) dan Dubes AS Robert Blake (Nograhany/detikcom)


Jakarta - Presiden Jokowi akan melawat ke luar negeri pertama kali dengan tujuan perdana menghadiri KTT APEC di Beijing, China, pada 10-11 November 2014. Di sela-sela forum itu, rencananya akan ada pertemuan bilateral antara Jokowi dan Presiden AS, Barack Obama. Apa yang akan mereka bahas?


Rencana pertemuan bilateral antara Obama-Jokowi di sela-sela forum APEC ini dikonfirmasi oleh Dubes AS untuk Indonesia Robert Blake saat ditanya tentang adanya pertemuan antara dua kepala negara ini.


'Saya yakin mereka akan membicarakan kemitraan menyeluruh dan bagaimana mengembangkan kerja sama yang lebih erat ke depannya. Dan saya yakin, apapun ide yang dimiliki Presiden Jokowi, kami bisa berjalan bersama-sama,' kata Blake di sela-sela resepsi memperkenalkan Direktur AMINEF (America Indonesia Exchange Foundation) Alan Feinstein di kediaman Dubes AS, Jalan Taman Suropati 3, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/11/2014) malam.


'Satu hal yang saya pikir dia (Obama) akan selalu membicarakan adalah tentang ISIS. Itu prioritas penting untuk AS,' imbuh Blake.


Indonesia, lanjut dia, memiliki peran penting setelah mengalami Reformasi pada 1998 dan menjadi negara berpenduduk muslim terbesar paling demokratis di dunia. 'Dan negara Anda juga berpernang dengan gerakan radikal ekstrem. Itu antara lain isu yang akan dibahas antara Presiden Obama dan Presiden Jokowi,' tuturnya.


Bagaimana dengan isu maritim yang menjadi isu utama Presiden Jokowi? Blake mengatakan AS terbuka tentang ide Presiden Jokowi yang menekankan bidang maritim.


'Bahkan saya telah bertemu Menteri Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti). Dan poin penting untuk dibicarakan adalah kami sudah punya banyak kerjasama. Seperti konservasi laut, yang membantu memperluas area laut yang dilindungi, membantu penegakan hukum dalam illegal fishing,' papar Blake.


Bahkan, ada kerja sama bidang energi dan militer di bidang maritim. 'Presiden Jokowi ingin mengembangkan kerja sama Angkatan Laut kedua negara. Kerja sama kami dipandu oleh apa yang Presiden Jokowi katakan,' tandasnya.


Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di 'Reportase Malam' pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV

(nwk/vid)


Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu



Lapsus



Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Apa yang ... - Detikcom / Obama akan Bertemu Jokowi di KTT APEC China dengan judul Obama akan Bertemu Jokowi di KTT APEC China, Apa yang ... - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/obama-akan-bertemu-jokowi-di-ktt-apec.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, November 6, 2014

Belum ada komentar untuk "Obama akan Bertemu Jokowi di KTT APEC China, Apa yang ... - Detikcom"

Post a Comment