Kabar Jokowi

8 Perusahaan Masuk Konsorsium Jakarta Monorail

Details Created on Saturday, 29 June 2013 18:34 Published Date

Jakarta, KABARJOKOWI - Delapan perusahaan luar dan dalam negeri ikut berpartisipasi dalam konsorsium PT Jakarta Monorail. Kedelapan perusahaan bergabung untuk membangun megaproyek moda transportasi massal monorel di DKI Jakarta. Chairman Ortus Limited Holdings, Edward Soeryadjaya mengatakan masuknya delapan perusahaan menjadi realisasi monorel.


Ortu Limited Holding, yang menjadi investor tunggal megaproyek monorel, lanjut Edward, sangat mengharapkan nantinya proyek monorel bisa menjadi simbol dan harapan kemajuan suatu bangsa. 'Kita bekerja sama untuk mewujudkan mimpi Jakarta agar segera jadi kenyataan. Ini juga solusi untuk masyarakat dan menghindari kemacetan dan membuat Jakarta maju,' ungkapnya di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6).


Delapan perusahaan tersebut yaitu BTS Bangkok Mass Transit System Public Company Limited, Changchun Railway Vehicle Corporation (CNR), China Communications Constructions Company Limited (CCCC), PT Indosat, Singapore Technologies Electronics Limited, SMRT International PTe Ltd dan TUV Rheinland Limited.


Edward menambahkan mobilisasi masyarakat Jakarta sangat dinamis. 20,7 juta orrang per harinya keluar dan masuk ke Ibukota dengan peningkatan 11% untuk setiap tahunnya. Hal itu menjadik jalanan di Jakarta over capacity./ Penandatangan bergabungnya delapan perusahaan ke PT Jakarta Monorail disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Selain itu disaksikan pula oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Duta Besar RRC untuk Indonesia, Duta Besar Singapura untuk Indonesia dan Perwakilan Kerajaan Thailand.


Setelah masuknya delapan perusahaan ke PT Jakarta Monorel, fase selanjutnya dari proyek jakarta monorel yaitu visibility study dari rute yang diajukan. Studi ini akan memastikan metode paling sesuai untuk pembangunan dan penerapan projek monorel. Pembangunan Monorel di Jakarta diperkirakan menelan biaya Rp 8 triliun, dengan dana murni dari pihak swasta. Dua jalur monorel direncanakan akan beroperasi sepenuhnya pada tahun 2013, terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti Busway, MRT dan Commuter Line.


Jakarta Monorail terdiri dari dua rute green line dan blue line. Rute green line sepanjang 14,5 kilometer akan membentang dari Kuningan - Kuningan Sentral - Gatot Subroto - Senayan - Asia Afrika - Pejompongan - Karet - Dukuh Atas - kembali ke Kuningan. Sementara itu blue line dari Kampung Melayu - Tebet - Kuningan -Casablanca - Tanah Abang - Roxy - Taman Anggrek (Jakarta Barat) dengan tambahan jalur ke wilayah timur dari Pondok Kelapa - Sentral Timur Jakarta dan ke Barat dari Puri Indah. (*/Zak)


Add comment


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul 8 Perusahaan Masuk Konsorsium Jakarta Monorail. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/06/8-perusahaan-masuk-konsorsium-jakarta.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, June 29, 2013

Belum ada komentar untuk "8 Perusahaan Masuk Konsorsium Jakarta Monorail"

Post a Comment