Kabar Jokowi

Penerbangan Terakhir SemarangJakarta, Penumpang AirAsia Penuh


Teknisi Air Asia saat memeriksa kondisi pesawat




Laporan Wartawan KABARJOKOWI Jateng, Puthut Dwi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pada penerbangan domestik hari terakhir Maskapai penerbangan AirAsia di Bandara Ahmad Yani rute Semarang-Jakarta, dipenuhi penumpang.


Fenomena ini dipicu lantaran sejumlah penumpang yang berencana akan melakukan penerbangan ke Jakarta pada Juli membatalkan niatnya dan memilih pada Juni ini.


'Pada hari terakhir rute Semarang-Jakarta AirAsia di Bandara Ahmad Yani diketahui full penumpang yaitu berisi 180 penumpang. Hal ini karena mereka meng-handle pemesanan tiket mereka pada Juli dan beralih ke Juni,' kata Station Head AirAsia Semarang, Denny Tjahyadi kepada KABARJOKOWI Jateng, Minggu (30/6/2013).


Terhitung 1 Juli 2013, maskapai penerbangan AirAsia akan menghentikan rute penerbangan Semarang-Jakarta.


Satu-satunya maskapai penerbangan di Bandara Ahmad Yani yang melayani penerbangan internasional itu beralasan penghentian rute tersebut lantaran hanya sebagai strategi bisnis perusahaan.


Dikatakan Denny, Jumlah penumpang Air Asia di Bandara Ahmad Yani memang didominasi oleh penerbangan internasional yaitu Semarang-Singapura dan Semarang-Kuala Lumpur. Menurutnya, penerbangan rute ke Jakarta dalam satu hari hanya menampung 50 persen penumpang.


'Ini hanya merupakan bagian dari strategi bisnis perusahaan, yang ingin mengoptimalkan dengan mengalihkan rute tersebut ke penerbangan lainnya. Dan yang pasti tidak menutup kemungkinan jika suatu saat rute ke Jakarta akan dibuka kembali, ' imbuh Denny.


Ditambahkan Denny, dari empat rute penerbangan AirAsia di Bandar Udara Ahmad Yani yakni Surabaya, Jakarta, Kuala Lumpur, dan Singapura, saat ini didominasi rute ke Singapura dengan load factor mencapai 84 persen sekali penerbangan.


'Jumlah penumpang rute Semarang-Singapura dalam sehari sekitar 145 hingga 165 penumpang. Rata-rata mereka berkunjung ke sana untuk liburan, bisnis dan juga berobat, ' ujar Denny


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori jakarta dengan judul Penerbangan Terakhir SemarangJakarta, Penumpang AirAsia Penuh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/06/penerbangan-terakhir-semarangjakarta.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, June 30, 2013

Belum ada komentar untuk "Penerbangan Terakhir SemarangJakarta, Penumpang AirAsia Penuh"

Post a Comment