Kabar Jokowi

Yuuks.. Kita Nonton Ondel


Kelompok kesenian ondel-ondel turut tampil pada parade budaya di kawasan wisata kota tua Jakarta, Minggu (18/11/2012). Parade yang diikuti berbagai kelomspok kesenian Betawi ini untuk mendukung upaya menjadikan kawasan kota tua sebagai wisata sejarah dan cagar budaya. | KABARJOKOWI/IWAN SETIYAWAN


JAKARTA, KABARJOKOWI.com - Rangkaian acara HUT Ke-486 DKI Jakarta terus digelar. Hari ini, Minggu (30/6), masyarakat Jakarta akan disuguhi Jakarnaval bertema 'Keajaiban Ondel-ondel'. Sebanyak 500 ondel-ondel kreasi baru karya 500 siswa SMA di Jakarta akan diarak di jalanan.


Beberapa instansi dan kelompok kesenian di Jakarta dan di luar Jakarta dilibatkan dalam karnaval ini.


Direktur Artistik Jakarnaval Heru Mataya Prasetya yakin, sebanyak 500 ondel-ondel yang murni kreasi baru para pelajar ini akan menjadi pusat perhatian karnaval kali ini.


'Penentuan desain, pemilihan bahan, dan pembuatannya semua dilakukan para pelajar. Mereka membuat kostum kreasi tersebut dengan mengambil inspirasi dari ondel-ondel sebagai budaya khas Betawi,' tuturnya.


Saat menghadiri gladi bersih, Jumat lalu, Heru juga mengingatkan bahwa ondel-ondel adalah ikon budaya Betawi yang sudah berusia satu abad lebih. Ikon ini perlu dikembangkan dengan kreativitas baru.


'Kami mengajak 500 pelajar mengeksplorasi ondel-ondel versi baru itu,' ujarnya. Sebelum mengeksplorasi, para pelajar terlebih dahulu mendapatkan penjelasan tentang sejarah ondel-ondel.


Sebanyak 500 pelajar SMA yang turut serta dalam karnaval terdiri dari 100 pelajar putra-putri dari tiap wilayah di Jakarta.


'Dalam penampilannya, tiap wilayah akan dibedakan dari bahan pembuatannya. Ada wilayah yang menggunakan bahan dasar rotan dan tali dari eceng gondok. Ada pula yang menggunakan bahan dari karung goni, anyaman bambu, anyaman pandan, dan lainnya,' papar Heru.


Menurut Heru, pemilihan bahan dasar ini juga menjadikan karnaval ini berbeda. 'Ini karnaval yang ramah lingkungan. Bahan-bahannya pun bisa didapatkan di pasar,' kata Heru.


Selain melibatkan para pelajar, karnaval ini juga akan dimeriahkan dengan penampilan 28 mobil hias karya beberapa instansi dan perusahaan yang ada di Jakarta.


Karnaval juga dimeriahkan kelompok kesenian dari luar Jakarta, yang sudah biasa tampil di karnaval berkelas nasional hingga internasional, semisal kesenian Sisingaan dari Subang, Hudoq dari Kalimantan Timur, Jember Fashion Carnaval, Red Batik Solo, dan Kelompok Lima Gunung dari Magelang.


Jokowi naik kuda

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo direncanakan juga akan ikut dalam rombongan peserta karnaval. Jokowi menurut rencana akan mengendarai kuda selama karnaval berlangsung.


'Saya sudah menyiapkan kostum,' ujar Jokowi.


Panitia juga mengundang beberapa duta besar dari negara tetangga, pusat kebudayaan asing, dan perwakilan pemerintah provinsi.


Jalan ditutup mulai 14.00

Jakarnaval akan dimulai pada pukul 15.00 hingga pukul 18.00. Rombongan karnaval akan berjalan dari Jalan Medan Merdeka Selatan di depan Balai Kota dan berakhir di Bundaran Hotel Indonesia. Sejak pukul 14.00, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup.


Melengkapi kemeriahan Jakarnaval, sejak Jumat lalu hingga Minggu malam ini juga digelar drama tari kolosal Ariah di lapangan Monas. Drama tari musikal ini mengisahkan perjuangan perempuan yang mempertahankan martabat dan kehormatan saat penindasan kolonial tahun 1869. ( NDY/K10)


Editor : Ana Shofiana Syatiri


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori JOKOWI / Kabar Jokowi dengan judul Yuuks.. Kita Nonton Ondel. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/06/yuuks-kita-nonton-ondel.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Saturday, June 29, 2013

Belum ada komentar untuk "Yuuks.. Kita Nonton Ondel"

Post a Comment