Kabar Jokowi

Jokowi Akan Bagikan Pawang Geni ke Permukiman Padat


Kompleks perumahan TNI AD di Kelurahan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat, terbakar, Selasa (16/4/2013) sore, sekitar pukul 16.15. Sebanyak 28 rumah di Blok C kompleks tersebut hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Api yang diduga dari rumah salah satu warga dengan cepat merambat lantaran konstruksi bangunan yang sebagian besar terbuat dari kayu dan bambu. Polis masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. Akibat peristiwa itu, sekitar 150 warga kompleks diungsikan ke masjid dan Balai Pertemuan Kampung (Baperkam) setempat. | KABARJOKOWI/RINI KUSTIASIH




JAKARTA, KABARJOKOWI.com - Gubernur DKI Joko Widodo memastikan di setiap permukiman padat di Jakarta akan disediakan peralatan pemadam kebakaran mulai September 2013 mendatang. Saat ini, peralatan itu masih melalui tahap lelang.


'Semua yang berkaitan dengan kebakaran yang bisa kita beri ke masyarakat. Ada pawang geni, ada stok air yang bisa buat memadamkan api,' ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (27/6/2013).


Jokowi mengakui, saat ini pihaknya belum memiliki manajemen penanganan kebakaran yang terpadu. Seluruh peralatan milik Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran sudah baik, tetapi pemberdayaan masyarakat, kata Joko Widodo, masih perlu pembinaan lebih lanjut.


'Pemberdayaan masyarakat di wilayah rawan kebakaran itu yang masih kurang. Peralatan di dinas sudah baik, tinggal masyarakatnya saja digenjot. Nah, melalui peralatan inilah,' lanjutnya.


Seperti diketahui, DKI Jakarta memiliki beberapa titik permukiman padat penduduk yang rawan kebakaran. Di antaranya adalah daerah Tambora, Jakarta Barat; Rawa Bebek, Jakarta Timur; Tanah Tinggi, Jakarta Pusat; Pademangan, Jakarta Utara; dan beberapa wilayah lainnya.


Penyebab amukan api rata-rata adalah kelalaian manusia. Mulai dari kondisi rumah semipermanen saling berimpitan, lingkungan yang kumuh, ketidakteraturan tata kelola kabel listrik, hingga kebiasaan warga yang kerap mengabaikan hal sepele pada peralatan rumah tangga.


Editor : Ana Shofiana Syatiri






Anda baru saja membaca artikel yang berkategori JOKOWI / Kabar Jokowi dengan judul Jokowi Akan Bagikan Pawang Geni ke Permukiman Padat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/06/jokowi-akan-bagikan-pawang-geni-ke.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Thursday, June 27, 2013

Belum ada komentar untuk "Jokowi Akan Bagikan Pawang Geni ke Permukiman Padat"

Post a Comment