Kabar Jokowi

Soal Popularitas, Rhoma Irama Kalahkan Jokowi


JAKARTA, KABARJOKOWI.com - Dari sisi popularitas, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi rupanya berada di urutan keempat. Jokowi kalah populer atau kurang dikenal masyarakat ketimbang Megawati Soekarnoputri, Jusuf Kalla, dan Rhoma Irama.


Hal itu adalah hasil survei Pusat Penelitian Politik LIPI yang dilakukan pada 10-31 Mei 2013. Survei tersebut mengambil sampel terhadap 1.799 responden di seluruh Indonesia dengan margin of error hingga 2,31 persen dan tingkat keakuratan 95 persen.


'Ketika pertanyaannya apakah Anda mengenal atau mengetahui tokoh-tokoh ini? Yang paling populer Megawati. Banyak masyarakat yang kenal atau tahu Ibu Mega, Jusuf Kalla, dan Rhoma Irama,' ujar koordinator survei Pusat Penelitian Politik LIPI, Wawan Ichwanuddin, di Gedung Widya Graha LIPI, Kamis (27/6/2013).


Dari 1.799 reponden, 93 persen menjawab mengenal atau mengetahui mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri. Kemudian, sebanyak 90,9 persen mengaku kenal atau tahu mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla alias JK. Di urutan ketiga ada Rhoma Irama dengan 89,2 persen. Kemudian, urutan berikutnya adalah Jokowi 85,1 persen, Prabowo 82,1 persen, Wiranto 77,8 persen, Aburizal Bakrie 76,9 persen, Ani Yudhoyono 73,5 persen, Hatta Rajasa 66,8 persen, dan Sri Sultan Hamengku Buwono X sebanyak 55,6 persen.


Nama-nama yang diberikan tim survei kepada responden di antaranya tokoh yang disebut-sebut bakal mengikuti bursa calon presiden 2014. Namun, dari segi elektabilitas atau ketika ditanya siapa calon presiden 2014 yang akan dipilih, Jokowi unggul, yakni 22,6 persen. Kemudian Prabowo mengantongi suara 14,2 persen, Aburizal Bakrie meraup 9,4 persen, dan Megawati Soekarnoputri 9,3 persen.


Elektabilitas tokoh di bawah Megawati yaitu Jusuf Kalla dengan 4,2 persen, Rhoma Irama 3,5 persen, Wiranto 3,4 persen, dan Mahfud MD 1,9 persen. Adapun Hatta Rajasa, Surya Paloh, dan Sultan Hamengku Buwono X mendapat suara sama, yakni 1,2 persen. Sementara itu, responden yang tidak menjawab yakni 22,9 persen.


'Prabowo Subianto dan Joko Widodo secara konsisten berada di peringkat atas daftar tokoh yang paling banyak dipilih oleh responden survei ini. Baik dalam daftar terbuka maupun dalam short list tokoh-tokoh potensial yang akan maju dalam Pilpres 2014,' terang Wawan.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori JOKOWI / Kabar Jokowi dengan judul Soal Popularitas, Rhoma Irama Kalahkan Jokowi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2013/06/soal-popularitas-rhoma-irama-kalahkan_28.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Friday, June 28, 2013

Belum ada komentar untuk "Soal Popularitas, Rhoma Irama Kalahkan Jokowi"

Post a Comment