Kabar Jokowi

Muncul Opsi Bentuk Kementerian Koordinator Maritim Kabinet ...


http://ift.tt/1vvylFH Rafiq


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP Bidang Maritim Rokhmin Dahuri mengatakan saat ini ada opsi membentuk Kementerian Koordinator Maritim untuk memperkuat visi-misi capres-cawapres terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla.


Opsi tersebut diharapkan bisa menyelesaikan berbagai masalah pelik di bidang maritim mulai dari transportasi hingga pangan.


'Saat ini memang ada opsi memperkuat Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Menko (Menteri Koordinator). Tapi jangan tambah Menko. Jadi Menko perekonomian plus maritim,' kata Rokhmin Dahuri dalam diskusi Dialog Maritim bertajuk 'Arah dan Strategi Kelembagaan Maritim yang diselenggarakan Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin, di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (12/9).


Menurut dia, opsi pembentukan Kementerian Kordinator Maritim saat ini sedang dibahas bersama Tim Transisi. Tujuannya, selain memperkuat visi-misi Jokowi-JK di bidang maritim, juga ingin terjadi perampingan di kabinet Jokowi-JK.


'Cuma opsi pertama itu KKP (Kementerian Kelautan Perikanan) diperkuat dengan nambah tupoksi baru. Jadi biotekbologi, pengelolaan migas di kelautan masuk KKP. Jadi direktorat ruang dan pesisir satu direktorat saja jadi direktorat kawasan terpadu. Yang lain ada industri kelautan terbarukan. Kita ingin perampingan, bukan di kementerian tapi di direktorat,' sambung Rokhmin.


Rokhmin membeberkan memang saat ini Jokowi-JK menjadikan maritim sebagai slaah satu prioritas dalam pemerintahan 5 tahun ke depan. Terlebih Jokowi melihat banyak masalah kenegaraan timbul khusus di sektor ini mulai dari kemiskinan, infrastruktur hingga transportasi.


'Jadi jangan kayak macan ompong seperti sekarang,' tambah dia.Menurut dia, saat ini banyak di problem di kelautan karena sumberdaya manusia yang kurang unggul. Kecelakaan kapal laut, kemudian 640 ribu kapal yang mayoritas kurang modern dan kurang berkontribusi meningkatkan pendapatan masyarakat. Diharapkan perkuatan kelembagaan akan menyelesaikan masalah kelautan saat ini.


'(Menteri) Kelautan Insya Allah profesional dan ahli. Kalau diserahkan bukan ahlinya tunggu kehancurannya,' katanya.


Di tempat yang sama, Ketua ISLA Unhas Agus Ajar Bantung mengingatkan pentingnya reformasi struktur kelembagaan KKP demi suksesnya pembangunan maritim. Karena itu dia mengingatkan kepada Jokowi-JK untuk melakukan empat langkah dalam reformasi kelembagaan di KKP.


'Pertama membentuk dan memantapkan keberadaan Kementerian Maritim yang bertanggungjawab atas orientasi program pembangunan infrastruktur, tol laut, kegiatan bisnis, industri dan jasa maritim,' katanya.


Kedua, sambung Agus, membentuk lembaga Coast Guard (Koordinasi Keamanan Laut) yang kuat untuk memastikan kedaulatan negara atas wilayah laut. Ketiga, menguatkan posisi kewenangan lembaga yang telah ada, yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam mengelola sumberdaya alam pesisir dan laut.


'Melakukan pembangunan sumberdaya manusia bidang maritim dan melakukan reorientasi politik anggaran bagi anggaran yang pro maritim,' tambah dia.


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Muncul Opsi Bentuk Kementerian Koordinator Maritim Kabinet ... dengan judul Muncul Opsi Bentuk Kementerian Koordinator Maritim Kabinet .... Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/09/muncul-opsi-bentuk-kementerian.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Friday, September 12, 2014

Belum ada komentar untuk "Muncul Opsi Bentuk Kementerian Koordinator Maritim Kabinet ..."

Post a Comment