Kabar Jokowi

Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Tegaskan Dukungan untuk Palestina - Detikcom

Laporan dari Myanmar

Rachmadin Ismail - detikNews



Nay Pyi Taw - Presiden Joko Widodo mendapat kunjungan istimewa dari Sekjen PBB Ban Ki-moon pagi tadi. Kesempatan itu dimanfaatkan Jokowi untuk menyampaikan sikap tegas Indonesia yang dukung kemerdekaan Palestina.


'Tadi kita menyampaikan mengenai Palestina kemudian Sekjen Ban Ki-moon menyampaikan mengenai ISIS dan Climate Change. Itu yang kita diskusikan tadi,' kata Jokowi tak lama setelah pertemuan di Hotel Hilton, Myanmar, Kamis (13/11/2014).


Jokowi dan Ki-moon sama-sama mengenakan setelan jas. Keduanya bicara selama hampir 15 menit sejak pukul 08.00 waktu setempat. Baik Jokowi dan Ki-moon didampingi staf dan delegasi.


Saat ditanya lebih jauh apa yang disampaikan terkait Palestina, Jokowi menegaskan sikapnya yang mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Tak hanya itu, ayah tiga anak itu juga berharap ada aksi PBB yang lebih nyata di negara yang terus bersitegang dengan Israel tersebut.


'Kita sampaikan mendukung penuh kemerdekaan Palestina dan kita mengharapkan peran PBB lebih nyata, lebih konkret, dan riil,' tegas Jokowi.


Bagaimana dengan ISIS dan isu perubahan iklim? Menurut Jokowi, Indonesia diminta PBB untuk bersama-sama dengan negara lain memerangi ISIS. Atas permintaan itu, Jokowi menegaskan sudah melakukannya. Namun dengan pendekatan berbeda.


'Kalau yang lain mungkin pendekatan kemanan, kita karena kita negara muslim kita juga punya pendekatan keagamaan dan pendekatan budaya. Saya kira itu lebih mempunyai dampak yang jelas karena kalau kekerasan dilawan kekerasan akan menimbulkan kekerasan yang lain,' urainya.


Menanggapi pernyataan Jokowi, Ban Ki-moon disebut setuju. 'Iya, iya, iya,' kata Jokowi menirukan ucapan Sekjen PBB asal Korea Selatan tersebut.


Setelah pertemuan dengan Ki-Moon, Jokowi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan PM Selandia Baru John Key dan mengikuti East Asia Summit.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program 'Reportase' TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(mad/mok)


Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu



Lapsus



Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bertemu Sekjen PBB / Jokowi Tegaskan Dukungan untuk Palestina - Detikcom dengan judul Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Tegaskan Dukungan untuk Palestina - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/bertemu-sekjen-pbb-jokowi-tegaskan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Wednesday, November 12, 2014

Belum ada komentar untuk "Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Tegaskan Dukungan untuk Palestina - Detikcom"

Post a Comment