Kabar Jokowi

Jokowi Pamerkan Negosiasi 'Makan Siang', para CEO Tepuk Tangan - Detikcom

Laporan dari Beijing

Rachmadin Ismail - detikNews



Beijing - Presiden Joko Widodo terkenal dengan cara negosiasinya yang unik ketika menghadapi masalah dengan warga. Dia kerap mengajak mereka makan siang, lalu problem pun sirna. Para CEO APEC terkagum-kagum dibuatnya.


Dalam presentasinya selama 10 menit di gedung CNCC, Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014), Jokowi menyampaikan soal peluang investasi di Indonesia. Presiden ketujuh itu menawarkan rencana proyek pelabuhan, listrik, rel kereta, hingga program tol laut.


Tak lupa, Jokowi juga menyinggung soal masalah-masalah di Indonesia. Salah satunya, terkait pembebasan lahan.


'Para investor datang ke saya selalu komplain soal pembebasan lahan. Saya akan mendorong para menteri, gubernur, dan wali kota untuk membantu menyelesaikan masalah ini,' kata Jokowi.


Jokowi pun bercerita soal pengalamannya negosiasi dengan warga, terutama saat menjadi gubernur DKI. Dia berkisah tentang proyek Jakarta Outer Ring Road yang dimulai 15 tahun lalu, namun terhenti karena ada masalah pembebasan lahan dengan warga.


'Ada 143 keluarga yang tidak menerima harga kompensasinya,' kata Jokowi dalam bahasa Inggris di depan para CEO. Jokwi akan berpidato bahasa Indonesia saat bertemu pimpinan negara besok.


Akhirnya, Jokowi mengajak warga itu makan siang empat kali. Dan hasilnya masalah pun selesai.


'Saya undang mereka makan siang dan makan malam empat kali. Ini saya...' tunjuk Jokowi antusias menunjukkan foto saat dia makan dengan warga. Tepuk tangan pun membahana.


Selain masalah pembebasan lahan, Jokowi juga bicara soal masalah perizinan usaha. Dia berjanji akan membantu para investor untuk menanam modal. Urusan perizinan dijamin tak akan lebih dari tiga hari


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program 'Reportase' TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 16.45 WIB

(mad/ndr)


Javascript harus diaktifkan terlebih dahulu



Lapsus


Horor TKI Hong Kong Horor TKI Hong Kong Horor TKI Hong Kong

Redaksi: redaksi[at]detik.com Informasi pemasangan iklan hubungi : sales[at]detik.com


Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi Pamerkan Negosiasi Makan Siang / para CEO Tepuk Tangan - Detikcom dengan judul Jokowi Pamerkan Negosiasi 'Makan Siang', para CEO Tepuk Tangan - Detikcom. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/jokowi-pamerkan-negosiasi-siang-para.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Sunday, November 9, 2014

Belum ada komentar untuk "Jokowi Pamerkan Negosiasi 'Makan Siang', para CEO Tepuk Tangan - Detikcom"

Post a Comment