Kabar Jokowi

Jokowi Perintahkan Gubernur Ubah Postur APBD - Republika Online


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan gubernur se-Indonesia untuk rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kabinet Kerja 2014 di Istana Negara, Selasa (4/11). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi meminta seluruh gubernur untuk mengecek postur APBD di provinsinya masing-masing.Menurut Jokowi, dari data APBD yang ia teliti, banyak daerah memiliki anggaran tidak proporsional. Dia menyebut, rata-rata daerah memiliki anggaran belanja pegawai jauh lebih besar dibanding anggaran pembangunanJokowi mengatakan ada daerah yang memiliki anggaran belanja pegawai mencapai 80 persen, sementara anggaran pembangunannya hanya 20 persen. Bahkan ada juga daerah yang memiliki anggaran dengan perbandingan 85-15. 'Ini berbahaya, harus diubah,' ujar Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Oleh sebab itu, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut meminta para gubernur untuk memindahkan alokasi anggaran, dari yang semula untuk pos belanja pegawai dipindah ke pos pembangunan. Jokowi menyebut, hal itu harus dilakukan agar lebih banyak anggaran yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ia lalu mengambil contoh, saat menjabat wali kota Solo, Jokowi mengaku berhasil mengubah postur APBD. Mulanya, ujar dia, posisi anggaran 74 persen untuk belanja pegawai dan 26 persen untuk pembangunan.


Dalam satu tahun, Jokowi mengaku berhasil membalik posisi anggaran menjadi 49 persen untuk belanja pegawai dan 51 persen untuk pembangunan. 'Tapi memang harus diteliti satu-satu, harus detail,' tegasnya.



Entities Related Keywords Authors Media Images 0
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jokowi Perintahkan Gubernur Ubah Postur APBD - Republika Online dengan judul Jokowi Perintahkan Gubernur Ubah Postur APBD - Republika Online. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kabarjokowi.blogspot.com/2014/11/jokowi-perintahkan-gubernur-ubah-postur.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: _ - Monday, November 3, 2014

Belum ada komentar untuk "Jokowi Perintahkan Gubernur Ubah Postur APBD - Republika Online"

Post a Comment